Breaking News
Cara setting remot TV universal

3 Cara Setting Remot TV Universal

Beritaharianku.com – Cara setting remot TV universal, Digunakan untuk menyesuaikan antara televisi dengan remot. Remot merupakan pengendali dalam kondisi jarak jauh.

Secara istilah remot adalah alat elektronik yang digunakan untuk mengendalikan dan mengoperasikan sebuah mesin atau alat elektronik dalam jarak jauh. Remot memiliki banyak jenis berdasarkan mesin atau jenis elektronik, misalnya Air Conditoner, televisi, dan lain sebagainya.

Ulasan ini dikhususkan membahas tentang cara setting remot TV universal. Remot televisi adalah alat yang berfungsi sebagai pengendali dan pengoperasi TV tertentu.

Sedangkan televisi universal dapat mengendalikan dan mengoperasikan segala merek atau brand televisi. Berikut pembahasan menganai Cara setting remot tv universal

Cara Setting Remot TV Universal

  1. Menggunakan Tombol Volume

Cara setting remot TV universal pertama adalah tombol pada pengurangan dan penambahan volume yang ada pada remot. Langkah ini tergolong karena tidak perlu menginput beberapa kode. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan TV.
  2. Posisikan remot dengan TV anda.
  3. Tekan, tahan, serta jangan sampai dilepaskan terlebih dahulu tombol set yang ada pada remot televisi universal sampai lampu indikator remot televisi universal menyala.
  4. Klik tombol volume (+) secara berulang-ulang sampai muncul volume pada layar televisi anda.
  5. Klik tombol volume (-). Jika volume pada layar televisi anda berkurang berarti remot TV sudah berhasil diatur. Jika pada layar televisi volume tidak berkurang, maka anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas.
  6. Apabila telah usai, tekanlah tombol set sampai lampu indikator mati.
  7. Menggunakan Kode Remot Universal

Cara setting remot TV universal selanjutnya yaitu menggunakan kode remot televisi universal. Ini juga tergolong mudah, karena biasanya langkah-langkah dan kode telah tertera pada manual book atau buku panduan sehingga anda cukup mengikutinya.

Buku panduan akan anda dapatkan pada saat membeli remot televisi universal. Contoh cara setting remot TV universal yang ada pada manual book/ buku panduan sebagai berikut:

  1. Tekan, tahan, dan jangan dilepaskan tombol set yang terdapat pada remot televisi.
  2. Klik tompol ON/ OFF dan tunggu menyala dari lampu indikator remot.
  3. Usai menyalanya lampu indikator, kemudian anda lepaskan tombol set yang anda tekan.
  4. Cukup pilih 1 kode saja, kemudian tekan pada nomor dan masukkan kode remot yang tertera pada manual book atau buku panduan. Misalnya kode untuk beberapa merk berikut:
  • Polytron: 253, 152, 147, 120, dll,
  • Toshiba: 128, 090, 089, 053, 027, dll
  1. Setelah kode sesuai,yang terjadi pada lampu indikator adalah keadaan mati. Dengan matinya lampu indikator menandakan remot sudah dapat digunakan. 
  2. Jika langkah di atas belum berhasil, lakukan tahap mulai awal lagi.
  3. Menggunakan Aplikasi

Cara setting remot TV universal terakhir yaitu menggunakan aplikasi. Seiring perkembangan zaman, kini smartphone telah memiliki banyak fungsi. Salah satunya sebagai remot TV, adapun cara setting remot TV universal dengan aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. Masuk pada aplikasi yang bernama google playstore atau aplikasi lainnya yang menyediakan berbagai jenis aplikasi di android anda.
  2. Pilih aplikasi dari salah satu remote control, misalnya Peel Smart Remote.
  3. Lakukan pengunduhan maupun instalisasi aplikasi.
  4. Usai proses instalisasi selesai, buka aplikasi tersebut.
  5. Lakukan langkah panduan pada aplikasi, umumnya terdapat pilihan merk atau brand televisi, kemudian klik untuk mengarahkan ke halaman selanjutnya.
  6. Guna memastikan, tekan tombol ON/OFF dan TV anda akan menyala.

Cara Merawat Remot TV Universal

  1. Cara Merawat Remot TV Universal dengan membersihkan Remot Televisi Secara Teratur

Apabila remot tidak teratur dibersihkan, maka kotoran berupa debu menumpuk di sekitar tombol.

Dengan adanya debu tersebut dapat beresiko jika masuk ke dalam komponen dan sirkuit. Sehingga menimbulkan efisiensi listrik menurun selain itu dapat berdampak pada baterai yang semakin boros.

  1. Cara Merawat Remot TV Universal dengan cara Mengganti Baterai Secara Berkala

Pada bagian baterai terdapat besi yang dapat berkarat, sehingga baterai harus diganti secara berkala. Hal ini disebabkan karena bagian baterai lebih sering kontak dengan udara.

Apabila baterai tidak diganti secara berkala, maka karat akan menumpuk dan terkumpul merusak komponen dan sirkuit. Jika anda tidak ingin mengganti, maka lepaskan baterai dan bersihkan menggunakan lap kering untuk mengurangi karat.

  1. Cara Merawat Remot TV Universal denga menempatkan Remot di tempat yang mudah di lihat

Remot adalah salah satu benda yang tergolong memiliki ukuran relatif kecil apabila dibandingkan dengan benda-benda yang lainnya.

Dengan ukurannya yang relatif kecil tersebut tentu anda akan kurang mempehatikan dalam peletakan. Sehingga menimbulkan remot dapat kapan saja terinjak dan tertekan.

Selain itu jika anda tidak secara tepat, kemungkinan juga dapat jatuh dari meja atau tempat yang tinggi. Maka tempatkan segala sesuatu pada tempat yang tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.