Breaking News
Cara Memprogram Tv Parabola yang Tidak Ada Signal

Cara Memprogram Tv Parabola yang Tidak Ada Signal

Beritaharianku.com – Cara Memprogram Tv Parabola yang Tidak Ada Signal, Ketika sedang asyiknya nonton lalu tiba-tiba tv di rumah kehilangan signal, di situ lah kita mulai kesal. Banyak cara yang kita lakukan demi memperbaiki tv yang tiba-tiba kehilangan signal tersebut.

Namun, apakah dengan memperbaikinya secara acak bisa membuat program tv kembali muncul? Tentu saja tidak, maka diperlukan keterampilan untuk mengetahui cara memprogram tv parabola yang tidak ada signal.

Mungkin Anda sendiri pernah mengalami hal ini. Oleh karena itu, Anda wajib tahu, bagaimana cara memprogram tv parabola yang tidak ada signal agar mampu memperbaiki masalah-masalah tersebut.

Jangan sampai Anda jadinya sok tahu dengan memperbaikinya secara asal. Alhasil, bukannya malah menjadi bagus akan tetapi membuat tvnya menjadi rusak.

Bagi Anda yang mampir pada artikel ini dan mencari bagaimana cara memprogram tv parabola yang tidak ada signal, berikut akan kami paparkan solusinya.

  1. Periksa Receiver

Cara memprogram tv parabola yang tidak ada signal yakni memeriksa receivernya terlebih dahulu. Receiver berguna untuk menangkap siaran yang berasal dari polaritas satelit.

Adapun polaritas terbagi menjadi dua jenis, yakni horizontal serta vertikal. Jika masalah tv terdapat pada receivernya,maka diperlukan adanya penggantian.

Namun, Anda juga wajib mencari tahu terlebih dahulu, apakah receiver tv Anda benar sudah rusak atau tidak.

Mintalah bantuan profesional untuk mencari tahu hal tersebut. periksa kembali sambungan-sambungan yang ada atau mungkin bongkar untuk memeriksa bagian dalam receiver.

  1. Coba Mengecek Parabola TV

Langkah selanjutnya untuk cara memprogram tv parabola yang tidak ada signal yakni memeriksa parabola TV. Perlu diketahui, parabola juga berfungsi untuk meangkap sinyal. Biasanya, kesalahan yang terjadi saat pemasangan parabola adalah terkait dengan pemasangan baut.

Banyak pemasang yang tidak mempererat baut parabola sehingga longgar dan berpotensi merusak cara parabola menangkap sinyal.

Coba untuk mengecek secara keseluruhan. Bongkar kembali bautnya dan eratkan. Arahkan parabola kepada satelit dan mintalah orang lain untuk mengecek sinyal di TV Anda. Jika sudah menangkap sinyal, cobalah untuk mempertahankan posisi tersebut dengan mengeratkan baut-baut yang ada.

  1. Cek Kabel Konektor

Cara memprogram tv parabola yang tidak ada signal selanjutnya yakni dengan mengecek kabel konektor. Lihatlah terlebih dahulu kabel yang terpasang di belakang receiver Anda.

Apakah sudah terhubung dengan parabola? Biasanya, kabel ini sangat rentan dengan benda-benda asing. Jika kabel ini putus, maka Anda pasti akan kehilangan signal di TV Anda. Usahakan untuk meletakkan kabel konektor di bagian yang aman dan jauh dari serangan binatang.

Selain itu, jika perlu Anda harus membeli cadangan dari kabel konektor ini. Belilah kabel konektor yang kuat dan stabil lalu letakkan di tempat yang aman.

Biasanya, kabel konektor akan mudah mengalami pengeroposan apabila telah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Hindari peletakan kabel di sekitar area yang terkena air.

  1. Cari Ulang Siaran secara Otomatis

Terkadang kesalahan sistem sering terjadi dalam parabola. Maka dari itu, cobalah untuk menuju settingan pada tv Anda dan lakukan kembali “cari siaran ulang” secara otomatis. Dengan begini, biasanya signal yang hilang akan kembali muncul.

Perlu diketahui, mencari ulang siaran secara manual memungkinkan Anda untuk tetap teliti dengan siaran yang ada. Karena, biasanya jika siaran sudah muncul, akan cepat berganti jika Anda tidak siaga di depan tv. Dengan begitu, Anda perlu mengulang lagi dari awal.

  1. Kesalahan Program

Cara memprogram tv parabola yang tidak ada signal berikutnya adalah memperbaiki kesalahan program. Biasanya mungkin Anda tidak sengaja memencet remote yang menyebabkan adanya kesalahan program pada tv.

Coba periksa kembali pengaturan program yang ada dalam settingan tv Anda. Dalam mengatasi hal ini, Anda perlu pengetahuan yang lebih tentang pemrograman receiver tv parabola. Cobalah untuk membaca buku panduan terlebih dahulu.

  1. Frekuensi TV yang berubah

Terkadang frekuensi TV akan berubah secara sendirinya. Inilah yang menjadi penyebab mengapa signal di TV Anda suka hilang secara tiba-tiba.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menuju ke pengaturan televisi dan mencari ulang frekuensi yang berubah tersebut. Ini mirip halnya dengan mencari sialan ulang secara otomatis.

Saat ini, hampir keseluruhan channel yang ada pada satelit palapa D dipindahkan ke satelit Telkom 4.

Oleh karenanya, jika sebelumnya channel tv Anda berada pada satelit palapa A atau D, maka signal atau siarannya akan hilang dan berubah. Silakan Anda mencari bantuan untuk memprogram ulang frekuensi tv Anda.

Itulah beberapa cara memprogram tv parabola yang tidak ada signal. Namun, apabila ketiga cara di atas sudah dilakukan dan tidak ada perubahan, maka mintalah bantuan orang yang lebih ahli untuk membantu memperbaiki masalah tv Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.