Breaking News
Cara pasang lampu led 3 kabel

Cara Pasang Lampu LED 3 Kabel

Light Emitting Diode produk diode pancaran cahaya yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu led ini adalah komponen elektronik yang berkemampuan menghasilkan cahaya monokromatik tentunya dengan tegangan maju.

Pencahayaan semakin harinya semakin berkembang, menetaskan berbagai produk yang berguna dalam menunjang kehidupan manusia modern.

Daftar lampu led yang wajib diketahui sebelum kalian membelinya .

  1. Miniatur led 

Disebut dengan miniatur led dikarenakan ukurannya yang kecil dan biasanya hanya dipakai sebagai hiasan saja. Karena fungsinya hanya sebagai hiasan dan juga ukurannya yang kecil lampu ini dijual murah.

  1. Super flux led 

Jenis lampu led ini memerlukan konsumsi daya yang tinggi apabila dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan lampu led ini memiliki dua pasang kutub. Lampu ini biasanya digunakan untuk lampu panggung, atau juga lampu penerangan jalan. 

  1. Bicolor led

Bicolor led ini merupakan lampu yang menghasilkan cahaya warna warni. Lampu ini kebanyakan digunakan untuk lampu dekorasi cafe, taman, dan lainnya.

  1. Surface mount device led

Jenis lampu led ini memiliki ukuran yang kecil, lampu ini biasanya digunakan untuk pencahayaan senter, lampu hias, tapi juga digunakan dalam lampu emergency.

  1. Chips on board led

Lampu ini dikenal dengan led cob, yaitu jenis lampu led yang disusun dari ribuan panel yang menjadikan lampu ini memiliki pemancaran cahaya yang lebih merata.

  1. High power led

Lampu ini mampu menghasilkan intensitas cahaya yang paling kuat namun, lebih cepat panas juga dibandingkan lampu led lainnya.

Pada bahasan kali ini, akan membahas tentang bagaimana cara memasang lampu led sorot 3 kabel. 

Lampu led tembak atau sorot adalah adalah lampu yang biasanya digunakan untuk penerangan taman. Sebenarnya untuk pemasangan lampu ini cukup mudah, hanya tinggal  menyambungkan kabelnya ke jaringan listrik rumah. 

Tapi mungkin diantara kalian masih banyak yang bingung atau bahkan belum tahu bagaimana cara pemasangan lampu led sorot 3 kabel ini. 

Beli lampu led 3 kabel disini ada potongan harga dan gratis ongkir silahkan klik disini

*SKEMA LAMPU SOROT*

Dilihat dari skema untuk menyambungkan lampu sorot ini ke jaringan listrik yang ada dirumah (jalur live dan netral). Tapi beberapa lampu sorot juga ada yang menambahkan jalur ground. Dalam pemasangan lampu sorot ini jua bisa ditambahkan dengan saklar agar mempermudah dalam menyalakan dan mematikan lampu.

Sebelum memasang lampu ini, baiknya kalian mengetahui jalur live terlebih dahulu menggunakan test pen.

Setelah mengetahui jalur live, netral, dan ground di listrik rumah. Yang selanjutnya harus dilakukan adalah penentuan jalur kabel pada lampu sorot.

Hal mendasar yang harus diketahui adalah spesifikasi input dan output lampu sorot yang dimiliki. Dapat dilihat pada dus lampu led sorot.

  • Cara menentukan jalur kabel yang akan digunakan untuk lampu sorot 3 kabel

Lampu sorot ini ada yang terdiri dari 2 kabel dan 3 kabel. Untuk pemasangan yang 2 kabel sebenarnya hanya tinggal menyambungkan di jalur live dan netral. Tapi untuk yang 3 kabel kita harus menentukan mana kabel untuk jalur live, netral, dan ground. 

  • cara menentukan kabel live, netral, dan ground
  1. menentukan dari warna kabel

warna kabel yang terdapat pada lampu sorot yaitu warna biru yang berarti netral (n), warna coklat yang berarti jalur L atau listrik, yang terakhir adalah warna hijau dengan strip kuning yang berarti jalur ground.

  1. Menentukan dengan multimeter

Untuk mengetahui jalur grounding menggunakan beberapa langkah berikut.

  1. Jalur grounding dapat ditentukan dengancara mengukur kontinuitas bodi lampu disetiap kabel. Jika hasil pengukuran menunjukkan 0 ohm maka bisa dipastikan bahwa tu adalah jalur grounding. Namun, jika hasil menunjukkan OL (Over load atau tidak terukur) maka artinya jalur grounding yang digunakan adalah iolated grounding.
  2. Mengukur kontinuitas setiap kabelnya, angka yang dihasilkan pada cara ini tidak boleh dibawah 1 ohm. Apabila angka yang dihasilkan menunjukkan 0 ohm maka kabel ini mengalami short. 

Setelah mengetahui jalu masing – masing kabel ini, langkah selanjutnya adalah menyambungkan ke jaringan listrik yang tersedia dirumah.

Jika di jaringan rumah tidak memuliki grounding, maka kabel grounding di lampu sorot tidak perlu di sambungkan atau bahkan kabel grounding ini bisa dipotong saja.

Fungsi dari grounding sendiri sebenarnya adalah untuk isosalasi listrik yang kurang baik, timbulnya listrik statis, dan konsletting pada komponen.

Selain itu, fungsi jalur grounding lainnya adalah saat terjadi kebocoran listrik itu akan dibuang ke tanah.

Dalam pemasangan lampu sorot ini juag perlu memperhatikan beberapa hal seperti mematikan listrik dirumah saat mau melakukan pemasangan, pastikan kembali setiap sambungan sudah tersambung dan terisolasi dengan baik. Pastikan juga jalur live dan netral tidak tersambung secara langsung dikarenakan dapat menimbulkan konsleting listris.

Pencarian berdasarkan kata kunci Cara pasang kabel lampu

Leave a Reply

Your email address will not be published.