Breaking News
cara memperbaiki lampu led yang benar

Cara Memperbaiki Lampu LED Dengan Benar

Beritaharianku.com – Cara Memperbaiki Lampu LED Dengan Benar, Memakai lampu LED sehari-hari, namun sering bermasalah dengan lampunya yang kadang menyala mati dan sebagainya.

Ini tentu sangat menganggu penggunanya karena mereka berpikir lampu LED mereka sudah rusak sehingga terus-menerus diganti dengan lampu yang baru. Namun, sekarang anda tidak perlu membuang-buang uang untuk membeli lampu LED yang baru, karena disini, akan ada tips dan trick cara memperbaiki lampu LED. 

                                       Sumbet foto : paduanteknis.com

Faktor Penyebab Lampu LED Bermasalah 

Sebelum mengetahui cara memperbaiki lampu LED, ada baiknya kalau anda harus memperhatikan dulu hal-hal apa saja yang membuat lampu LED tersebut bermasalah. Ini agar anda dapat menghindari kerusakan dari lampu sehingga kedepannya tidak ada lagi hal-hal seperti itu. 

1. Fiting Lampu Rusak

Fiting merupakan tempat yang menghubungkan lampu dengan aliran listrik. Ketika pemasangan, anda harus memastikan bahwa lampunya terpasang dengan erat. Jika fiting sudah rusak, maka kinerjanya akan berpengaruh juga pada lampu. Sehingga lampu tidak menyala dengan stabil, atau bahkan mati sekalipun. 

2. Pemasangan Kabel Longgar 

Tidak hanya pemasangan fiting yang harus erat, saat memasang kabel pun harus erat juga. Pemasangan kabel yang longgar membuat lampu LED tidak menyala dengan baik karena aliran listriknya terganggu. Tidak hanya itu, aliran listrik yang ada di kabel longgar tersebut akan memicu percikan api yang menyebabkan konslet. 

3. Kualitas LED Tidak Bagus

Lampu LED memang sangat banyak beredar dipasaran. Namun tidak semua lampu memiliki kualitas dan mutu yang sama. Kadang, orang sering tergiur dengan harga yang murah dan langsung membelinya tanpa memperhatikan mutu dari lampu tersebut. LED dengan kualitas yang tidak bagus akan cepat rusak jika dipakai dalam beberapa minggu saja. 

4. Lampu yang Sering Dinyalakan dan Dipadamkan 

Mematikan lampu memang saat baik untuk menghemat listrik. Namun tidak bagi anda yang suka mematikan dan menyalakan kembali lampunya dalam jarak waktu yang singkat. Hal ini akan mempengaruhi kualitas lampu LED tersebut sehingga dayanya turun dan membuat lampu cepat rusak. Untuk itu, jangan terlalu cepat menyalakan dan mematikan lampu dalam jarak yang sangat dekat. 

5. Tab Soket Tertekan 

Tab soket merupakan logam kecil yang berada di bawah bagain bohlam lampu dan berfungsi untuk menyalurkan panasa dari kabel listrik. Jika soketnya terlalu ditekan dengan kuat, ada kemungkinan lampunya tidak bersentuhan dengan baik ke aliran listriknya. Jadi pasanglah dengan pelan-pelan. 

Cara Memperbaiki Lampu LED

Setelah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan LED bermasalah, saatnya anda mengetahui bagaimana cara memperbaiki lampu LED yang bermasalah. Caranya cukup mudah saja. Berikut pembahasannya. 

1. Elektro Meledak 

Jika lampu LED anda rusak karena kapasitor elektrolitnya rusak, anda bisa menservisnya sendiri. Pertama, bongkar semua komponen yang ada di lampu LED, dan uji kerusakan elko menggunakan avometer multitester

Selanjutnya, hubungkan kutub positif dan negatif avometer ke kutub positif dan negatif elko. Jika avometer yang sudah anda uji tidak menunjukkan reaksi atau angka dayanya sama sekali, berarti elko harus diganti karena sudah rusak. 

2. LED Mati Tanpa Gejala 

Jika lampu LED anda mati tanpa gejala apapun, anda perlu memeriksa apa yang terjadi dengan resitornya. Periksa juga micro LED satu persatu, jika ada yang tidak menyala, segera perbaiki. Buka bagian dalam micro LED, dan jika terdapat warna hitam didalamnya, itulah sumber masalahnya. 

3. Salah Satu LED Mati

Cara memperbaiki Lampu LED  yang selanjutnya ialah dengan memeriksa apakah salah satu dari lampu LED tersebut mati. Jika slah satunya mati, maka lampu LED akan mati total. Anda bisa memperbaikinya dengan mencungkil LED yang mati tersebut lalu sambungkan kaki kedua LED menggunakan kabel. 

4. Lampu LED Redup 

Salah satu penyebab lampu LED redup ialah tegangan listrik yang turun, terjadi kerusakan pada resistor, dan dioda bridge yang rusak. Anda perlu membongkar lampu LED tersebut dan ukur ketegangan resistornya. Selanjutnya, berikan flux pada titik resistor dan lepaskan resistor tersebut. Lalu, satukan kembali semua bagian-bagian lampu. 

5. Baterai LED Soak

Kerusakan yang terjadi pada lampu LED terjadi karena banyak faktor, salah satunya dalah baterai yang ada pada lampu LED yang soak. Baterai soak memang tidak menyebabkan lampu mati total. Namun ini cukup merepotkan karena kita tentunya ingin memiliki penerangan yang memadai. 

Jika hal ini terjadi, anda perlu mengukur tegangan baterai tersebut. Jika setelah diukur dan tegangannya tetap tidak jadi saat dinyalakan kembali, itu berarti daya baterai LED anda sudah habis dan harus segera diganti. 

Itulah beberapa cara memperbaiki lampu LED yang bisa anda praktekan di rumah. Jadi, sekarang anda tidak perlu repot-repot membeli lampu LED baru jika terjadi kerusakan. Anda bisa memperbaikinya sendiri, bahkan tanpa bantuan tukang sekalipun. Selamat mencoba.. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.