Breaking News
Cara pasang lampu led strip

4 Cara Pasang Lampu LED Strip Yang Baik Dan Benar

Beritaharianku.com – Cara Pasang Lampu LED Strip yang baik dan benar,Pencahayaan sangat berguna sekali dalam kehidupan, apalagi ketika malam hari penerangan sangat di butuhkan ketika berada di dalam kegelapan. Sekarang zaman semakin canggih, dulu saja penerangan masih menggunakan obor, lampu ublik, lilin dan sebagainnya.

Sekarang coba di lihat banyak perusahaan yang sudah membuat berbagai lampu untuk pecahayaan dan lampunya pun berbagai macam, ada lampu bohlam, lampu LED dan masih banyak lagi. Artikel kali ini mau membahas mengenai Lampu LED Strip apakah itu?

Lampu LED singkatan dari Light Emitting Diode yang merupakan sebuah elektronik yang mempunyai kemampuan menerangkan atau memancarkan cahaya monokromatik dengan cara melalui tegangan maju. Bahan yang digunakan untuk membuat Lampu Led ini adalah semi konduktor. 

Lampu Led ini banyak digunakan untuk keperluan kehidupan sehari-hari terkadang digunakan di rumah, untuk mobil dan montor, ngeflashlight Hand Phone dan lain-lain. Jenisnya pun beraneka ragam bisa dari bentuknya, warna bahkan fungsinnya.

Cara kerja dari lampu Led ini cukup mudang dengan hanya mengubah energy aliran listrik akan menjadi sebuah cahaya Lalu, apa saja sih jenis-jenis lampu LED?

  1. Miniature LED, biasanya jenis ini hanya dipergunakan untuk hiasan maupun indikator saja. Memiliki banyak warna tapi sayang ukurannya sangat kecil jika di bandingkan dengan lampu LED lainnya.
  2. Super Flux LED, biasanya digunakan untuk papan iklan yang akan di pasang pinggir jalan. Memiliki tegangan listrik yang tinggi karena memiliki dua kutub yaitu kutub positif dan kutub negative.
  3. Bicolor LED, biasanya dipergunakan pada mainan anak-anak atau lampu kelip-kelip. Memiliki banyak varian warna yang cantik dan indah.
  4. SMD LED, digunakan untuk peralatan rumah tangga seperti lampu senter, lampu ruangan, lampu hias dan lain sebagainnya. Ukurannya sangat kecil.
  5. COB LED, memiliki pencahayaan yang lebih terang jika di bandingkan dengan lainnya.
  6. High Power LED, dapat memberikan penerangan yang sangat luar biasa, namun sayangnya lampu LED jenis ini gampang atau mudah panas.
  7. LED Strip. Lampu untuk menghias.

Sebenarnya masih banyak lagi, jenis-jenis dari lampu LED. Tetapi dalam artikel ini kita membahas satu jenis lampu LED saja yaitu Led Strip.

LED Strip adalah jenis lampu Led terbaru dan terpopuler. Lampu strip inni banyak digunakan untuk menghias plafon, menghias casing computer dan speaker dan masih banyak lagi.

Memiliki kelebihan di bandingkan dengan yang lainnya seperti cahayanya lebih terang, cahaya yang di hasilkan lebih stabil, tidak mudah panas, jangka waktunya lebih panjang jika di bandingkan dengan lampu neon yang biasa.

Selanjutnya setelah mengetahui keunggulan dan kegunaan yang dimiliki Lampu LED Strip kita akan mempelajari tutorial atau cara memacang lampu LED Strip ini.

Kenapa kalian wajib mengetahui cara pemasangan Lampu LED Strip ini? Karena pemasangan membutuhkan ukuran yang lebih panjang sehingga memerlukan power supply yang memiliki tegangan lebih besar dan juga agar membuat cahaya yang di pancarkan lampu LED Strip lebih merata dan terang.

Cara Memasang Lampu LED dengan Benar dan Simpel

  1. Pertama-tama, Gunakan Lampu LED Strip yang fleksibel

Lampu LED Strip yang fleksibel lebih memudahkan untuk di pasang apalagi di tempat yang sembunyi seperti halnya plafon rumah dan lebih banyak varian warna yang kita inginkan. Jenis yang lebih banyak di gunakan adalah jenis lampu LED Strip SMD.

Cara memasangnya pun cukup mudah yaitu dengan menggunakan double tape, biasanya double tape ini sudah ada satu paket dengan lampu LED Strip.

  1. Menggunakan Power Supply dengan tegangan atau daya yang sesuai dengan LED Strip yang di butuhkan.

Sebagai contoh jika menggunakan LD strip yang berukuran 2 x 5 meter maka power supply yang dibutuhkan minimal 50 watt. Dan voltnya sekitar 12 V, 24 V, 48 V dan 64 V. penggunaan power supply yang baik dan tepat dapat membantu dan membuat LED Strip lebih awet dan menghasilkan terang yang sangat optimal.

  1. Rangkailah Led Strip secara parallel dan menggunakan kabel yang bagus dan berkualitas

Dengan merangkai lampu led strip dalam bentuk parallel, jika ada bagian lampu yang rusak maka tidak akan merusak keseluruhan lampu Led lainnya dan akan lebih mudah untuk di lokasikan kerusakannya.

  1. Pasanglah lampu LED secara tersembunyi

Ini dapat membatu untuk memantulkan cahaya yang di keluarkan dan cahaya yang di pantulkan akan lebih merata. Selain itu dapat memberikan kekhasan yang luar biasa dan lebih tampak modern.

Bagaimana? Cukup mudahkan untuk memasang lampu LED Strip yang akan digunakan cukup untuk memilih lampu Led yang akan kamu pasang dan pilihlah warnanya lalu ikuti langkah yang di atas. Semoga ilmunya dapat bermanfaat. Amiin.

Pencarian berdasarkan kata kunci Cara Merakit lampu LED Strip

Leave a Reply

Your email address will not be published.