Breaking News
cara pasang stop kontak pararel

Beginilah Cara Memasang Stop Kontak Paralel Dengan Baik dan Benar

Beritaharianku.com – Listrik adalah sumber yang paling penting untuk menunjang aktivitas kegiatan kita sehari hari. Bagaimana tidak, hampir seluruh kegiatan kita mulai dari bekerja, sekolah, memasak, atau dan sebagaimana memerlukan listrik untuk menunjang dan mempermudah kegiatan kita. Bayangkan saja jika tidak ada listik dirumah ? tentunya cukup merepotkan kita bukan.

Nah tentunya sebagai laki-laki, terkadang beberapa pekerjaan harus kita lakukan sendiri yang tidak bisa kita serahkan kepada istri atau keluarga kita yang mengerjakannya.

Salah satunya ialah memasang stop kontak, nah stop kontak sangat penting dan perannya dalam mengalirkan arus listrik dirumah kita dengan baik. Karena memasang stop kontak ini adalah pekerjaan yang cukup berbahaya karena harus berkaitan dengan arus listrik, tentunya kita tidak ingin menyuruh keluarga atau istri kita untuk memasangnya karena cukup membahayakan.

Beli stop kontak disini dapat potongan harga dan gratis ongkir

Nah itulah sebabnya, sebagai laki-laki kita harus sedikit tidaknya memahami pekerjaan dasar seperti ini sehingga sewaktu-waktu ada kejadian memasang stop kontak kita bisa mengerjakannya sendiri dan tentunya tidak membutuhkan tukang atau memanggil ahli listrik dalam mengerjakan hal seperti ini. Karena ini cukup simpel dan tentunya bisa dilakukan sendiri.

Namun sebelum memasang stop kontak seperti ini kita juga setidaknya harus memiliki ilmu dan pemahaman khusus paling tidak sedikit agar dapat memasangnya dengan benar dan tidak membahayakan serta menimbulkan resiko dikemudian hari. Tentunya juga cukup banyak jenis-jenis stop kontak yang sering dipakai dirumah-rumah.

Salah satu jenisnya adalah stop kontak parallel, yang sering dipakai ditiap-tiap rumah. Orang kebanyak memakai arus rangkaian parallel dikarenakan keuntungannya adalah jika salah satu perangkat rusak/malafungsi, arus listrik tidak akan berhenti, berbeda dengan rangkaian seri. Nah ini sebabnya stop kontak jenis ini sering dipakai banyak orang dirumah mereka.

Tentunya jika kamu ingin menggunakan dan memasang stop kontak parallel, kamu bisa memasangnya sendiri dengan mudah dirumah. Berikut kami menyediakan step-by step cara memasang stop kontak parallel.

  1. Hal yang pertama kamu harus lakukan sebelum memasang stop kontak parallel adalah menyiapkan perlatannya terlebih dahulu antara lain sebagai berikut :
  • Obeng Plus dan Obeng Minus
  • Tang 
  • Dan Pisau Cutter
  1. Setelah peralatan disiapkan, kamu juga harus menyiapkan beberapa bahan terelebih dahulu seperti :
  • Steker atau Colokan dua jari yang telah dilengkapi plat untuk grounding
  • Siapkan juga Stop kontak paralel yang mampu menampung beberapa Steker
  • Kabel NYM 3X1,5mm serabut atau tunggal, panjang disesuaikan dengan kebutuhan.
  1. Ketika peralatan dan bahan telah disiapkan, mulailah menyambung stop kontak parallel dengan step yang telah kami siapkan sebagai berikut :
  • Pertama, kupas kedua ujung kabel menggunakan pisau cutter yang telah kamu siapkan tadi sampai terlihat 3 buah kabel yang berbeda warna yaitu adalah : warna biru-warna hitam- warna kuning. Kemudian kupaslah kulit pada ujung ketiga kabel tersebut sampai terlihat sebuah kawat tembaganya dengan panjang kira-kira 1cm.
  • Kedua, Kamu longgarkanlah sekrup steker yang telah disiapkan lalu kemudian buka badan steker tadi sehingga menjadi dua bagian.
  • Ketiga, longgarkan juga kedua sekrup yang berfungsi mengunci kabel dan kemudian masukkanlah kabel ke lubang pengunci sampai ujung kabel tersebut  dapat menjangkau tiga buah sekrup penghubung kabel. Kemudian jangan lupa untuk mengencangkan kembali kedua sekrup yang berfungsi mengunci kabel.
  • Keempat, lalu selanjutnya kemudian pasanglah kabel warna biru dan juga kabel warna hitam ke masing-masing baut terminal steker yang telah terhubung ke kedua jari steker.
  • Kelima, Selanjutnya hubungkanlah kabel kuning ke sekrup yang telah tertanam pada sebuah plat yang sudah terhubung ke dua buah plat kecil penghubung grounding yang  telah terletak di sisi luar badan steker.
  • Keenam, step selanjutnya adalah pasangkanlah ketiga ujung kabel lainnya ke terminal stopkontak yaitu dengan cara membuka semua sekrup dari stopkontak.
  • Ketujuh, step yang ketujuh ialah masukkan ketiga ujung kabel ketembaga di tiap-tiap plat penghubung kabel. Untuk kabel biru dan hitam dipasang pada plat yang berada di sisi kiri dan juga sisi kanan lalu untuk kabel kuning pasang pada plat yang berada di tengah-tengah, inilah plat yang nantinya akan terhubung ke plat grounding yang terdapat pada steker alat elektronik.
  • Kedelapan, step terakhir adalah jika semua kabel telah terpasang di tempatnya masing masing dengan benar dan kuat, kemudian pasanglah kembali badan dan sekrup stopkontak seperti semula. Dan coba testlah apakah berhasil atau tidak.

Nah itulah step by step cara pemasangan stop kontak parallel dengan mudah dan dengan baik, ada banyak sekali cara dan tutorial memasang alat listrik termasuk stop kontak parallel di internet yang dapat kamu jadikan sebagai contoh belajar.

Tentunya pastikan terlebih dahulu kamu benar-benar memahaminya dan bisa melakukannya, namun jika kamu merasa ragu dan tidak bisa coba panggil yang lebih memahami atau pihak yang terbiasa melakukan pekerjaan seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.