Breaking News
cara menghidupkan laptop asus mati total

Cara Menghidupkan Leptop Asus Mati Total Baterai Tanam

Beritaharianku.com – Zaman yang sudah berkembang pesat ini, elektronik sangat dibutuhkan, salah satunnya komputer. Apalagi untuk orang yang berkerja di kantor, jurnalis, penulis, dosen, pelajar dan lain-lain, hampir setiap profesi membutuhkan elektronik berupa computer.

Komputer dari dulu sudah ada tetapi sulitnya tidak bisa di bawa kemana-mana. Zaman yang semakin canggih ini, computer dikembangkan menjadi laptop agar memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membawanya.

Laptop memberikan banyak keunggulan bagi penggunanya, selain memudahkan membawa, ruang yang dimiliki laptop mampu menampung banyak data base, tanpa memerlukan komponen-komponen bantu untuk menghidupkan, fitur-fitur yang sangat lengkap dan masih banyak lagi. Ini semua membuat banyak pengguna lebih tertarik menggunakan laptop dari pada computer.

Jenis-jenis yang dimiiliki laptop tidak hanya sedikit, banyak merk perusahaan yang membuat elektronik canggih laptop ini. Berikut merk-merk laptop yang harus anda ketahui!

Asus C202SA Chromebook, Asus Vivo Book A442UQ, Asus X441BA, Acer Aspire 5 2020, Acer Aspire E15, Acer Aspire 1 2020, Acer Chrome book 714, Lenovo Yoga C640, Lenovo Idea Pad Duet, Hp 14z, Dell Innspiron 14 54481, Dell Inspiron 11 3000, Samsung, Apple dan masih banyak lagi. Sekarang banyak perusahan berbondong-bondong untuk bersaing meningkatkan tingkat produk perusahan mereka.

Walaupun sudah canggih dan dilengkapi sistem-sistem, suatu barang elektronik apapun, berupa laptop juga membutuhkan perawatan agar tidak mudah rusak. Berikut perawatan-perawatan laptop merk Asus berlaku sama dengan merk-merk laptop lainnya juga!

  1. Bersihkan laptop minimal seminggu dua kali.
  2. Gunakan laptop di bagian permukaan yang datar.
  3. Gunakan laptop dengan secukupnya, maksudnya jangan terlalu lama.
  4. Jangan terlalu sering menggunak laptop untuk bermain game yang mengandung kapasitas yang berat.
  5. Tutuplah laptopmu ketika lampu sudah benar-benra mati.
  6. Jangan terlalu sering membiarkan laptop dalam mode tidur.
  7. Charger laptopmu sebelum lowbat atau batu habis.

Banyak sekali perawatan yang baik, yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat laptop agar tidak mudah rusak. Jika kalian sudah melakukan perawatan seperti yang di atas, tapi tak lain laptop kalian mengalami kerusakan juga. Bisa disebabkan lamanya penggunaan dan lain sebagainnya kalian bisa melakukan perbaikan terlebih dahulu sendiri, jangan terburu-buru di bawa ke tempat servicean.

Kebanyakan kerusakan yang dialami oleh si pengguna laptop asus adalah laptop yang mati total tetapi di charger tidak bisa dan parahnya laptop kalian adalah baterai tanam.

Bagaimana cara mengatasinya? Ingat! Jangan terburu-buru membawannya ke tempat service, kalian bisa lakukan cara perbaikan sendiri terlebih dahulu. Disini saya mau membahas cara yang bisa dilakukan ketika laptop Asus kalian mengalami kendala seperti yang di atas tadi.

Dalam kegagalan fungsi pada hardware, software dan brainware (pengguna) merupakan sebagai salah satu permasalahan yang membuat laptop mati dan tidak bisa dinyalakan. Masalah ini bisa disebabkan karena adanya masalah mesin, sistem operasi yang lagi bermasalah dan masih banyak lagi.

Sebelum itu kalian bisa melakukan cara tersendiri untuk memprbaikinya. Carannya kalian bisa Tanya teman, saudara atau teman dekat kalian yang mengerti tentang elektronik, bisa mencari carannya melalui mesin pengetik google terlebih dahulu.

Dengan mencari di google bisa digunakan sebagai alat bantu referensi untuk mengetaui komponen-komponen computer, cara memperbaiki dan lain sebagainnya.

Masalah Laptop merk Asus yang rusak atau mati total disini ada tiga macam kerusakan, yaitu lampu indicator, mesin dan kipas menyala tetapi di bagian layar blank, laptop yang lampu indikatornya tidak menyala dan lampu indikator yang menyala namun layar tidak menampilkan apapun. Dalam malasah ini dapat terjadi pada laptop Asus tipe A407MA, X441MA, Vivobook dan lain sebagainnya.

Laptop yang mati total biasannya kehabisan baterai, jika diperbaiki seperti apapun tetapi batu habis tidak akan bisa menyala. Oleh kerena itu, kita harus mengchargernya terlebih dahulu.

Apabila sudah di charger dan laptop masih dalam keadaan yang tidak nyala atau lampunya belum ada tanda-tanda menyala, cobalah untuk di lepas terlebih dahulu baterai yang ada di laptop.

Beli laptop asus gratis ongkir dan dapat potongan harga cek disini
Beli baterai tanam laptop asus gratis ongkir dan ada potongan harga klik disini

Namun kecanggihan sekarang banyak yang laptopnya memiliki batu tanam. Lantas bagaimana cara memperbaikinya?

Laptop dengan baterai tanam memiliki force reset untuk mengatasi masalah laptop yang mati total seperti ini. Force reset bertujuan untuk mengatur kondisi ke semula dengan mengembalikkan koneksi BIOS dan perangkat keras ke posisi saat belum dihidupkan. 

Cara yang digunakan untuk memperbaiki laptop merk Asus yang mati batu tanam dapat diperbaiki dengan menggunakan metode force reset. Langkah-langkahnya diambil melalui website resmi Asus Indonesia. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama Charger harus dilepaskan terlebih dahulu dari sumber listrik.
  2. Kemudian, tekan dan tahan tombol power kurang lebih 30 detik.
  3. Setelah itu, lepas tekanan pada tombol power.
  4. Selanjutnya charger disambungkan kembali ke sumber aliran listrik
  5. Dan terakhir hidupkan laptop kembali seperti biasannya, maka laptop akan menyala seperti sedia kala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.