Breaking News
cara instal ulang window 10

Cara Instal Ulang Window 10 panduan lengkap

Kamu perlu tahu cara menginstal ulang Windows 10, meskipun sistem operasinya tidak bisa hapus. Ini terutama benar jika ada yang salah dengan Windows 10 dankamu perlu mengembalikan PC kamu ke pengaturan pabrik

Untungnya, dengan Pembaruan Windows 10 Oktober 2018, tidak pernah semudah ini untuk menginstal ulang Windows 10. Sistem operasi ini hadir dengan semua yang kamu butuhkan untuk mengendalikan situasi dan memperbaiki masalah Windows 10, menggunakan kombinasi alat yang berbeda.

Dan, jikakamu tidak tahu harus mulai dari mana, jangan khawatir: kami akan menunjukkan kepadakamu cara menginstal ulang Windows 10 dengan berbagai cara.

Dan, setelah kami menunjukkan kepadakamu cara menginstal ulang Windows 10, kami akan menyelami banyak utilitas yang dapat menghidupkan kembali perangkatkamu – mulai dari rollback sederhana file dan pengaturan sistem utama, hingga menginstal ulang Windows 10 itu sendiri sepenuhnya. Bisa jadi pemulihan sederhana juga bisa melakukan triknya, daripada melakukan instal ulang penuh.

Buat cadangan Windows 10

Sebelumkamu menginstal ulang Windows 10,kamu harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi file yangkamu simpan. Coba pikirkan semua foto tak ternilai, film rumah, dokumen kerja penting, dan file tak tergantikan lainnya yang akan hilang jika terjadi bencana.

Kabar baiknya adalah bahwa mencadangkan filekamu sangat mudah, dan alat yangkamu butuhkan tersedia di Windows 10 itu sendiri.

Ketika datang untuk mencadangkan filekamu, alat File History adalah tempat panggilan pertamakamu. Untuk mengaksesnya, klik Mulai> Pengaturan> Perbarui & keamanan> Cadangan, lalu ikuti panduan langkah demi langkah nanti dalam fitur ini untuk mengaturnya agar berfungsi dengan drive cadangankamu, baik itu drive USB eksternal, jaringan berbagi atau drive yang terpasang ke jaringan.

Secara default, dimulai dengan Pembaruan Windows 10 April 2018, Timeline secara otomatis mencadangkan semua konten dari perpustakaan, kontak, favorit, dan lainnya.kamu juga dapat mengandalkan alat File History pada versi Windows 10 yang lebih lama – jikakamu ingin mencadangkan apa pun dengan itu, tambahkan file apa pun yang inginkamu cadangkan di salah satu perpustakaankamu.kamu kemudian dapat memilih ‘Kecualikan folder’ dari layar ‘Opsi lainnya’ jikakamu ingin menghapus folder tertentu dari cadangan.

Versi sebelumnya

Setelahkamu menyiapkan semuanya, klik ‘Hidupkan’ (jika tidak dilakukan secara otomatis untukkamu) dan Riwayat File tidak hanya mulai mencadangkan filekamu, tetapi juga mencadangkan versi yang berbeda, memberikamu opsi untuk menggulung kembali ke filekamu ke revisi sebelumnya, yang bisa sangat berguna.

Ada dua cara untuk memulihkan filekamu. Pertama, jikakamu ingin memulihkan file yang hilang atau tidak sengaja terhapus, klik ‘Pulihkan file dari cadangan saat ini’ di bagian ‘Opsi lainnya’ di Riwayat File. Dari sini,kamu dapat menelusuri cadangankamu berdasarkan lokasi atau perpustakaan, atau mencari konten tertentu.

Memulihkan versi file sebelumnya sesederhana itu. Jelajahi di jendela Explorer, pilih file yang dimaksud dan klik tombol ‘Riwayat’ pada tab Beranda di pita untuk melihat daftar versi file sebelumnya, sebelum memulihkan yangkamu inginkan.

Ketika datang untuk mencadangkan pengaturan dan file utama lainnya, panduan sebaliknya memiliki semua tip, alat, dan trik untuk menjaga semua aspek PCkamu tetap aman.

Cadangkan filekamu secara online

Seperti yang diketahui oleh siapa pun yang mengalami kegagalan perangkat keras,kamu tidak akan pernah memiliki terlalu banyak cadangan. Jadi, bahkan setelah menggunakan Riwayat File untuk mencadangkan filekamu,kamu harus menjelajahi opsi lain, untuk berjaga-jaga.

Kami menyarankan menggunakan cadangan online, karena itu berarti ada salinan filekamu yang disimpan di lokasi fisik terpisah untuk perlindungan ekstrakamu.

Pilihan yang jelas untuk pengguna Windows 10 adalah menggunakan aplikasi desktop OneDrive gratis, yang memungkinkankamu untuk menyinkronkan hingga 35GB file ke cloud secara gratis.kamu akan menemukannya di layar Mulai – cukup klik (atau ketuk) pada judul OneDrive untuk meluncurkannya.

Jikakamu membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan,kamu dapat membeli gigabyte tambahan di area ‘Kelola penyimpanan> Tingkatkan’ di OneDrive online.

1. Buat cadangan pengaturankamu

Jikakamu masuk ke PC Windows 10 menggunakan akun Microsoft,kamu dapat memanfaatkan fitur Sinkronisasi Pengaturankamu bawaan Windows. Meskipun alat ini dirancang untuk menyinkronkan pengaturan pribadi di seluruh perangkat Windowskamu, alat ini juga berfungsi sebagai cadangan untuk preferensi utama sehinggakamu tidak perlu mengaturnya lagi jika terjadi bencana.

Pastikan ‘Sinkronkan Pengaturankamu’ aktif dan pilih pengaturan yang inginkamu cadangkan – untuk melakukan ini, buka Pengaturan dari menu Mulai, pilih ‘Akun’ diikuti dengan ‘Sinkronkan pengaturankamu’.kamu akan menemukan sakelar untuk menghidupkan dan mematikan fitur, dankamu juga dapat mengecualikan pengaturan dari cadangan, seperti kata sandi atau pengaturan browser.

2. Ambil gambar drive

Memiliki cadangan seluruh sistemkamu memungkinkankamu dengan cepat memulihkan PCkamu persis seperti dulu ketikakamu menginstal ulang Windows 10. Windows 10 memiliki alat gambar drive bawaan, tetapikamu bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih efisien dengan Macrium Reflect Free . Ada dua opsi pencadangan dasar, tetapi kami akan memilih ‘Buat gambar dari partisi yang diperlukan

3. Buat media penyelamat

Flash drive USB pemulihan memungkinkankamu mengakses opsi perbaikan dan pemulihan penting yang dapat menghemat hari jika PC atau tabletkamu gagal melakukan booting. Jika perangkat Windows 10kamu memiliki partisi pemulihan,kamu juga dapat menyimpannya di drive.

Drive pemulihan dasar tanpa partisi pemulihan memerlukan flash drive USB 256MB, tetapikamu memerlukan drive berukuran minimal 4GB jikakamu berencana untuk membuat cadangan partisi pemulihan juga (yang disarankan).

Untuk membuat drive, colokkan flash drive USBkamu, lalu ketik kata pemulihan ke dalam kotak pencarian. Pilih opsi ‘Buat drive pemulihan’ di bawah ‘Pengaturan’, lalu ikuti petunjuk untuk membuat tongkat pemulihankamu. Setelah proses selesai, pilih opsi untuk menghapus partisi pemulihan hanya jika ruang penyimpanankamu hampir habis.

Jadi,kamu mengalami banyak masalah Windows 10, dankamu telah mencoba semuanya, tetapi apa saja pilihankamu jikakamu belum cukup siap untuk menginstal ulang Windows 10?

Nah, langkah selanjutnya adalah mencoba menggunakan alat Pemulihan Sistem Windows 10. Pemulihan Sistem berfungsi mirip dengan Riwayat File, hanya saja ini memengaruhi file sistem dan program, bukan data pribadikamu

Jepretan dari file-file ini, yang dikenal sebagai Titik Pemulihan, diambil pada saat-saat penting selama penggunaan umum, dan jikakamu mengalami masalah,kamu dapat mencoba memutar kembali ke Titik Pemulihan sebelumnya untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah.

Pemulihan Sistem

Pemulihan Sistem biasanya berfungsi paling baik ketika masalahkamu disebabkan oleh perubahan baru-baru ini pada komputerkamu, biasanya melalui menginstal atau memperbarui perangkat keras, perangkat lunak baru, atau jikakamu menginstal ulang Windows 10 itu sendiri. Panduan langkah demi langkah di bawah ini mengungkapkan cara mengakses dan menggunakan Pemulihan Sistem, baik dari dalam Windows atau melalui menu pemulihan komputerkamu.

Jika System Restore tidak cukup untuk memperbaiki masalah, makakamu dapat melakukan langkah yang lebih radikal: kembali ke versi Windows 10 sebelumnya.

Saatkamu melakukan pembaruan utama Windows, atau Windows 10 menginstal versi baru yang utama, itu membuat cadangan dari versi sebelumnya, untuk berjaga-jaga jikakamu mengalami masalah. Cadangan ini disimpan di folder ‘Windows.old’ – dapat menggunakan sedikit ruang, dan dapat dihapus menggunakan Pembersihan Disk.

Tetapi jikakamu memiliki kapasitas cadangan, biarkan di tempatnya jikakamu perlu menggunakannya untuk memperbaiki masalah.

Mengembalikan sistemkamu dengan cara ini bekerja dengan cara yang mirip dengan Pemulihan Sistem: datakamu tidak terpengaruh, tetapi setiap perubahan yang dibuat sejak versi baru dipasang, seperti perubahan pada pengaturan atau program, aplikasi yang baru dipasang, dan seterusnya, akan dibatalkan.

Jikakamu perlu menggunakan fitur rollback, dan Windows berfungsi cukup baik agarkamu dapat mengaksesnya secara normal, buka Pengaturan sebelum memilih ‘Perbarui & keamanan’ diikuti dengan ‘Kembali ke versi sebelumnya’. Jika Windows tidak bisa boot, gunakan drive pemulihankamu atau pilih ‘Troubleshoot> Opsi lanjutan’ untuk mengakses opsi.

Anda akan melihat pesan yang memberi tahukamu bahwa Windows sedang mempersiapkan semuanya.kamu kemudian akan diminta untuk memberikan alasan mengapakamu mengembalikan Windows – ini membantu menyoroti masalah yang mungkin memerlukan perbaikan segera.

Anda kemudian akan diberi ringkasan singkat tentang perubahan yang dibuat (tidak ada detail spesifik yang tersedia, tidak seperti System Restore, sayangnya), dengan prompt untuk mencadangkan demi keamanan (jika Riwayat File diaktifkan,kamu mungkin tertutupi).

Klik Berikutnya, catat peringatan tentang kata sandi masukkamu dan kemudian klik Berikutnya lagi, duduk dan tunggu sementara PCkamu dipulihkan.

Jika semuanya berjalan dengan baik,kamu harus memiliki versi OS yang berfungsi lagi, tanpa harus menginstal ulang Windows 10, dan hanya dengan beberapa tugas pemeliharaan yang harus dilakukan (menginstal ulang program, memperbarui pengaturan, dan sebagainya) sebelum semuanya kembali normal.

Di luar kemunduran
Sayangnya, mengembalikan PC kamu ke versi Windows 10 sebelumnya tidak akan selalu menyembuhkan semua masalah.kamu mungkin menemukan perangkatkamu masih tidak berfungsi sebagaimana mestinya setelahkamu menyegarkannya, atau prosedurnya mungkin tidak berfungsi.

Jika Windows menemukan masalah, itu akan memberi tahukamu tentang faktanya, mencoba menyelesaikannya dan kemudian, jika perbaikan gagal, batalkan semua perubahan yang dibuatnya, meninggalkankamu kembali ke tempatkamu memulai.

Jika semuanya gagal, memperbaiki PCkamu akan melibatkan sesuatu yang lebih drastis: penghapusan total dan instal ulang Windows 10 itu sendiri dalam apa yang sekarang disebut ‘reset’ PCkamu. Kabar baiknya adalahkamu dapat melakukan tindakan ini tanpa kehilangan data atau dengan menghapus seluruh drive. Namun hasil akhirnya tetap sama:kamu akan kehilangan semua pengaturan dan aplikasikamu.

1. Pemulihan Sistem

Jikakamu dapat boot ke Windows, akses System Restore melalui desktop. Ketik ‘Perlindungan Sistem’ ke dalam bilah pencarian dan klik ‘Buat titik pemulihan’ diikuti dengan ‘Pemulihan Sistem …’ Jika Windows tidak dapat dijalankan,kamu dapat menggunakan Pemulihan Sistem secara otomatis.

Atau, boot dari disk pemulihan USBkamu, pilih ‘Pemecahan masalah’, ‘Opsi lanjutan’, lalu ‘Pemulihan Sistem’.

2. Pemulihan pembaruan

Secara default, Windows menyarankankamu menggunakan Titik Pemulihan terbaru; bahkan,kamu mungkin menemukan bahwa itu satu-satunya Titik Pemulihan yang ditawarkan.

Catat waktu dan tanggal pengambilannya, dan klik ‘Pindai program yang terpengaruh’ untuk melihat program dan driver perangkat keras mana yang akan terpengaruh dengan mengembalikan PCkamu ke titik ini.

Anda akan melihat program yang akan dihapus jikakamu memilihnya, dan program lain yang akan dipulihkan. Ini akan membantukamu memutuskan apakah akan menggunakannya atau tidak.

3. Kembalikan PC kamu ke pengaturan awal

Untuk memulihkan Titik Pemulihan yang direkomendasikan, klik ‘Berikutnya’ dan ikuti petunjuk untuk memutar kembali PCkamu. Jika ini tidak berhasil, ataukamu ingin mencoba Titik Pemulihan sebelumnya, pilih ‘Pilih Titik Pemulihan yang berbeda’ dan klik ‘Berikutnya’.

Jelajahi poin yang tersedia, catat apa yang akan terpengaruh dengan memilih masing-masing. Setelah memulihkan,kamu dapat membatalkan proses jika tidak memberikan efek yang diinginkan.

Tidak perlu merobek rambutkamu jika tidak ada yang bisa membantu memecahkan masalah.kamu dapat melakukan semuanya, bersihkan hard drivekamu dan instal ulang Windows 10 sepenuhnya.

Pendekatan ini akan menghapus semua data pribadi yang telahkamu simpan di drive, jadi pastikan itu sepenuhnya dicadangkan terlebih dahulu, menggunakan pedoman kami sebelumnya. Ada baiknya juga untuk membuat catatan tentang program apa pun yang telahkamu instal di PCkamu, sehinggakamu dapat mengunduh dan memulihkannya setelah Windows diinstal ulang. Jadi, mari selami cara menginstal ulang Windows 10.

Cara menginstal ulang Windows 10

Microsoft tahu betapa sulitnya menginstal ulang Windows 10, dan itulah mengapa berusaha keras memastikan prosesnya lebih mudah dari sebelumnya.

Cara termudah untuk menginstal ulang Windows 10 adalah melalui Windows itu sendiri. Klik ‘Mulai> Pengaturan> Perbarui & Keamanan> Pemulihan’, lalu pilih ‘Mulai’ di bawah ‘Setel Ulang PC ini’. Penginstalan ulang penuh akan menghapus seluruh drivekamu, jadi pilih ‘Hapus semuanya’ untuk memastikan penginstalan ulang yang bersih dilakukan.

Jika Windows gagal memuat,kamu akan diperlihatkan layar pemecahan masalah, yang juga dapatkamu akses melalui drive pemulihan jikakamu membuatnya. Dalam keadaan ini, pilih ‘Troubleshoot’ diikuti dengan ‘Reset PCkamu’.

Salah satu keuntungan dari pendekatan baru ini adalah bahwa Windows mencoba memulihkan dari citra sistem yang dibuat sebelumnya atau – gagal – menggunakan serangkaian file penginstalan khusus yang mengunduh versi terbaru Windows selama proses penginstalan ulang.

Dalam istilah praktis, ini berartikamu akan menghindari serangkaian pembaruan pasca-pemasangan yang panjang untuk diunduh dan dipasang untuk memperbarui Windows itu sendiri. Proses reset sederhana: PCkamu reboot, kemudian setelah jeda sementara hal-hal sedang disiapkan,kamu mungkin dihadapkan pada layar yang menanyakan apakahkamu ingin menghapus file dari semua drivekamu, atau hanya drive tempat Windows diinstal. .

Kecualikamu berencana membuang PC, pilih ‘Hanya drive tempat Windows diinstal’ untuk melindungi file data yang disimpan di partisi atau drive lain.

Anda juga akan diberi opsi untuk ‘membersihkan drive sepenuhnya’ – sekali lagi, lewati ini kecualikamu menjual di PCkamu. Terakhir, klik ‘Reset’ dan biarkan PCkamu melakukan sisanya.

Pasca instal ulang

Setelahkamu selesai menginstal ulang Windows 10,kamu akan memiliki sistem baru yang dapatkamu gunakan dan saatnya untuk menginstal ulang aplikasikamu, menerapkan preferensi, dan memulihkan data yang dicadangkan. Panduan langkah demi langkah mengungkapkan semua yang perlukamu ketahui.

Tentu saja,kamu juga perlu menginstal ulang aplikasi desktop utamakamu setelah ini selesai. Sekali lagi, luangkan waktu untuk mengunduh versi terbaru dan mengatur masing-masing.

1. Pulihkan pengaturan

Anda harus masuk ke akun Microsoftkamu untuk memulihkan pengaturan yang disinkronkan dan aplikasi yang diinstal sebelumnya. Sebelum ini semua dipulihkan,kamu harus memverifikasi akunkamu di perangkat ini: klik ‘Mulai> Pengaturan> Akun> Akunkamu’ dan klik tautan ‘Verifikasi’ untuk mendapatkan kode yang diperlukan untuk menambahkan PCkamu kembali ke daftar tepercaya .

2. Pulihkan aplikasi

Buka Windows Store (‘Start> All Apps> Store’), klik foto penggunakamu dan pilih ‘My Library’ untuk mengakses semua aplikasi yang diinstal sebelumnya (dan pengaturankamu).

Klik ‘Tampilkan semua’ dan kemudian klik tombol unduh di samping setiap aplikasi yang inginkamu pulihkan. Setelah selesai, klik foto penggunakamu lagi, tetapi kali ini pilih ‘Unduh’ untuk memperbarui aplikasi bawaan.

3. Pulihkan file

Terakhir, pulihkan filekamu menggunakan File History. Dengan perangkat cadangankamu dicolokkan, klik ‘Mulai> Pengaturan> Perbarui & keamanan> Cadangan’. Klik ‘Tambahkan drive’ untuk memilih perangkat cadangankamu, lalu klik ‘Opsi Lainnya’ diikuti dengan ‘Pulihkan file dari cadangan saat ini’.

Klik Pengaturan dan pilih ‘Pulihkan’ untuk memulihkan datakamu. Ini bisa memakan sedikit waktu, jadi bersabarlah.

Mempercepat penginstalan ulang Windows di masa mendatang
Menginstal ulang dan menyiapkan Windows lagi bisa menjadi pekerjaan rumah, jadi percepat penginstalan ulang di masa mendatang dengan membuat citra pemulihan yang sempurna. Setelah menginstal ulang Windows dan aplikasi, instal ulang program utamakamu dan atur sesukakamu.

Kemudian, sebelumkamu memulihkan cadangan Riwayat File, luncurkan Macrium Reflect Free dan ambil gambar drive baru. Buat CD pemulihan atau stik USB mengikuti petunjuknya, dan lain kalikamu perlu menginstal ulang Windows, pastikan cadangan Riwayat Filekamu sudah yang terbaru, lalu boot dari media pemulihankamu sebelum memulihkan image drive ini.

Yang perlukamu lakukan adalah memperbarui Windows dan aplikasikamu, dan menginstal ulang program baru. Sebelum memulihkan cadangan File Historykamu, buat image drive baru untuk digunakan saatkamu perlu menginstal ulang Windows di lain waktu.

3. Pulihkan file

Terakhir, pulihkan filekamu menggunakan File History. Dengan perangkat cadangankamu dicolokkan, klik ‘Mulai> Pengaturan> pengaturan & keamanan> Cadangan’. Klik ‘Tambahkan drive’ untuk memilih perangkat cadangankamu, lalu klik ‘Opsi Lainnya’ diikuti dengan ‘Pulihkan file dari cadangan saat ini’.

Klik pengaturan gigi dan pilih ‘Pulihkan’ untuk mengatur datakamu. Ini bisa memakan sedikit waktu, jadi bersabarlah.

Mempercepat penginstalan ulang Windows di masa depan
Menginstal ulang dan mempersiapkan Windows lagi bisa menjadi pekerjaan rumah, jadi percepat penginstalan ulang di masa depan dengan membuat citra pemulihan yang sempurna. Setelah menginstal ulang Windows dan aplikasi, instal ulang program utamakamu dan atur sesukakamu.

Kemudian, sebelumkamu mengatur cadangan Riwayat File, luncurkan Macrium Reflect Free dan ambil gambar drive baru. Buat CD pemulihan atau stik USB mengikuti petunjuknya, dan lain kalikamu perlu menginstal ulang Windows, apalagi cadangan Riwayat Filekamu sudah yang terbaru, lalu boot dari media pemulihankamu sebelum memperbaiki image drive ini.

Yang perlukamu lakukan adalah memperbarui Windows dan aplikasikamu, dan menginstal ulang program baru. Sebelum mengembalikan cadangan File Historykamu, buat drive image baru untuk digunakan saatkamu perlu menginstal ulang Windows di lain waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.