Breaking News

7 Hal Yang Perlu kamu Ketahui Sebelum Mulai Investasi

1. Ketahui situasi keuangan Anda saat ini.

Ketahui hutang Anda. Hitung pendapatan dan pengeluaran Anda dengan mempertimbangkan poin-poin berikut:

Pembayaran hipotek
Pajak pribadi
Pinjaman dan cerukan
Mata pencaharian
Uang darurat
Biaya mobil
hiburan
liburan
Biaya sekolah
Hutang kartu kredit
Kewajiban keluarga

Sebelum menginvestasikan uang Anda dalam produk investasi, Anda harus memahami seberapa banyak Anda dapat menghemat investasi setiap bulan.

Aturan umumnya adalah Anda harus melunasi hutang Anda terlebih dahulu, kemudian menabung dan berinvestasi nanti. Konon, semakin banyak uang yang Anda sisihkan sekarang, semakin baik jadinya untuk masa depan Anda.

Saya akan mengatakan sisihkan 10% dari pendapatan Anda untuk hari-hari hujan. 10% adalah jumlah kecil yang tidak akan Anda rasakan sedikit pun. Simpan sampai Anda berhasil membangun “dana pengelolaan bendungan”.

2. Siapkan dana untuk pengelolaan bendungan.

Hal ini sejalan dengan poin 1. Anda harus menyimpan setidaknya 3 sampai 6 bulan dari pendapatan Anda sebagai pengelola bendungan. Setelah Anda melakukan ini, Anda dapat menggunakan uang tambahan yang Anda tabung untuk diinvestasikan.

3. Lindungi diri Anda dan keluarga Anda terlebih dahulu.

Maksud saya, Anda harus memiliki asuransi jiwa dasar yang akan melindungi Anda dan keluarga dari penyakit terminal dan kecelakaan. Hal ini sangat penting karena walaupun Anda mungkin kehilangan semua uang yang Anda investasikan dan jika Anda atau anggota keluarga Anda membutuhkan perhatian medis, itu akan diurus dengan baik.

4. Ketahui risiko Anda.

Jika Anda tidak bisa mengambil risiko besar, investasi jangka pendek dan swing trading bukan untuk Anda. Lebih baik berinvestasi di reksa dana atau dana perwalian yang menawarkan pembayaran konstan dan risiko lebih rendah. Jika Anda seorang pengambil risiko tinggi atau menengah, Anda dapat mencoba berinvestasi di saham, dana pertumbuhan, dan dana lindung nilai.

5. Diversifikasi investasi Anda.

Seorang ahli akan memberi tahu Anda bahwa mendiversifikasi investasi Anda adalah suatu keharusan. Investasi Anda harus memiliki campuran saham, reksa dana, dan / atau obligasi yang stabil. Anda juga harus berinvestasi di berbagai industri dan / atau wilayah. Ini akan membantu Anda meminimalkan risiko karena fluktuasi pasar tidak akan berdampak besar pada investasi Anda. Campuran ideal Anda terdiri dari 20-40% saham dan sisa reksa dana dan obligasi.

6. Kerjakan pekerjaan rumah Anda sebelum berinvestasi.

Adalah bagus untuk mendapatkan nasihat dari para ahli. Tetapi uang itu pada akhirnya menjadi milik Anda. Jadi, Anda perlu melakukan riset dan membuat keputusan yang tepat tentang apa yang akan diinvestasikan, meskipun penasihat keuangan Anda mungkin sudah menyiapkan semuanya untuk Anda. Ini untuk memastikan bahwa Anda tahu apa yang Anda investasikan dan akan dapat melacaknya. Ketika investasi Anda merugi, mengetahui barang Anda dengan baik dapat membuat keputusan yang tepat untuk menjual atau menahan.

7. Lakukan inventarisasi setiap tahun, jika tidak sering.

Investasi Anda sudah bisa menguntungkan. Tapi ada baiknya mengetahui seberapa baik Anda di penghujung hari. Investasikan kembali keuntungan dan rayakan saat Anda berhasil. Ini berfungsi sebagai motivasi bagi Anda dan membuat Anda lebih bertekad untuk mencapai tujuan keuangan Anda.