Breaking News

Amri menggunakan sebagian uang simpanannya untuk mengelola sebuah usaha. sebagai wirausaha, Amri bekerja keras dan berpikir kreatif untuk menciptakan produk inovatif. dengan kerja kerasnya, amri berharap memperoleh laba sebesar-besarnya. ilustrasi tersebut menunjukkan uang berfungsi sebagai

Jawabannya adalah fungsi penimbun kekayaan.

Pembahasan :
Uang adalah suatu alat tukar yang bisa diterima secara umum. Alat tukar ini bisa berbentuk benda atau apapun yang bisa diterima oleh setiap individu di dalam lapisan masyarakat untuk memproses adanya pertukaran barang ataupun jasa. Secara umum, uang memiliki dua fungsi, yaitu:
Fungsi Asli

  1. Alat tukar (medium of exchange), menjadi alat tukar merupakan fungsi utama uang karena pada dasarnya penggunaan uang adalah untuk memudahkan pertukaran.
  2. Alat ukur (unit of account) mampu menentukan besaran nilai suatu barang. Misalnya, harga penggaris yang akan dibeli Bunga senilai Rp3.000,00, menunjukkan bahwa Bunga cukup membayar uang sejumlah Rp3.000,00 untuk mendapatkan penggaris.

Fungsi Turunan

  1. Alat Pembayaran, manusia menggunakan uang untuk membayar jasa atau barang yang dibutuhkannya.
  2. Penimbun kekayaan, uang sebagai penimbun kekayaan adalah uang merupakan bagian kekayaan seseorang atau perusahaan dalam menunjukkan seberapa besar kekuatan finansial yang dimiliki. Ini berarti menyimpan uang sama artinya dengan menyimpan kekayaan.
  3. Pemindah kekayaan, uang sebagai pemindah kekayaan maksudnya adalah seseorang yang memiliki suatu kekayaan dapat di pindahkan ke dalam bentuk kekayaan lain dengan perantara uang.
  4. Alat pembayar hutang, uang berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran kewajiban atau digunakan untuk standar pembayaran utang, hal tersebut karena uang dapat digunakan untuk mengukur atau dijadikan standar pembayaran utang pada masa yang akan datang.
  5. Menunjukkan harga
    Dalam kegiatan perekonomian barang atau jasa yang diperjualbelikan semuanya memiliki harga. Uang digunakan untuk menentukan harga tersebut. Dengan kata lain, uang dimanfaatkan sebagai sebuah alat penunjuk harga. Dengan mengetahui harga suatu barang, masyarakat bisa memperkirakan untuk melakukan pembelian atau tidak.

Pada soal terlihat Amri menggunakan uang simpanannya untuk mengelola usaha sehingga Amri dapat memperoleh laba yang besar. Hal ini menunjukkan adanya fungsi uang sebagai penimbun kekayaan. Laba yang dihasilkan oleh usaha Amri tentu akan disimpan dan dikelola kembali untuk menghasilkan laba yang lebih besar lagi

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang benar adalah fungsi penimbun kekayaan.