Breaking News

Berikut ini beberapa kelebihan sistem ekonomi.
(1) Kualitas produk meningkat karena tingginya persaingan.
(2) Kreativitas pengusaha meningkat karena pemenuhan kebutuhan.
Pernyataan tersebut merupakan kelebihan sistem ekonomi

A. sosialisme
B. pasar
C. Pancasila
D. demokratis
E. komando

Jawaban yang benar adalah B.

Berikut pembahasannya.
Sistem ekonomi merupakan aturan atau tata cara yang mengatur perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi. Salah satu bentuk sistem ekonomi adalah sistem ekonomi pasar. Sistem ekonomi pasar adalah sistem ekonomi yang berlandaskan pada kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan berbagai kegiatan ekonomi.

Pernyataan di atas merupakan kelebihan sistem ekonomi pasar. Selain kualitas produk meningkat karena tingginya persaingan dan kreativitas pengusaha meningkat karena pemenuhan kebutuhan, kelebihan sistem ekonomi pasar lainnya adalah setiap individu bebas memiliki alat produksi sendiri, kegiatan ekonomi lebih cepat maju karena adanya persaingan dagang, terdapat efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan ekonomi, dan produksi didasarkan kebutuhan masyarakat.

Sistem ekonomi pasar juga memiliki kekurangan di antaranya sulit terjadi pemerataan pendapatan, terdapat persaingan yang tidak sehat, kesenjangan ekonomi, rentan menimbulkan monopoli pasar, dan rentan terhadap krisis ekonomi.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B. pasar.