Breaking News

Uraikan bidang-bidang manajemen yang Anda ketahui.

Manajemen terdiri dari beberapa bidang-bidang berikut ini:

1) Manajemen Produksi
Manajemen produksi adalah rangkaian kegiatan yang terencana dan terkendali dalam rangka mengubah input menjadi output, dan melakukan evaluasi terhadap output melalui umpan balik. Dari pengertian ini terdapat dua hal penting yang mendapat perhatian dalam manajemen produksi, yaitu perancangan sistem produksi dan pengendalian sistem produksi. Ketika merancang sistem produksi, manajemen harus mempertimbangkan rancangan produk (jasa), volume produksi, proses produksi, lokasi dan tata letak, serta rancangan kerja. Pengendalian sistem produksi berkaitan dengan dua masalah utama m, yaitu masalah mutu dan persediaan.

2) Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran diartikan sebagai kegiatan pengaturan secara optimal dari fungsi pemasaran agar kegiatan pertukaran atau penyampaian barang dari produsen ke konsumen dapat berjalan lancar dan memuaskan melalui riset pasar, segmentasi pasar, promosi, pengaturan organisasi pemasaran, sistem distribusi, dan bagaimana memuaskan pelanggan.

3) Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan adalah manajemen yang berhubungan dengan langkah untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan dan bagaimana penggunaannya dalam rangka mencapai tujuan. Hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan adalah manajemen sumber dana, manajemen penggunaan dana, dan pengawasan penggunaan dana.

4) Manajemen Personalia
Manajemen personalia adalah pengelolaan yang terkait dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal-hal yang berhubungan dengan manajemen personalia antara lain sebagai berikut; penerimaan pegawai, penilaian pegawai, promosi dan mutasi, dan motivasi pegawai.

5) Manajemen Administrasi
Manajemen administrasi memberi perhatian pada pemberian layanan di bidang administasi, penggunaan alat yang efektif, dan kemudahan pada bidang lain. Untuk itu perlu diperhatikan hal hal berikut: Pengadministrasian kegiatan, pemakaian alat-alat perkantoran, pemeliharaan organisasi.

6) Manajemen Akuntansi
Kegiatan pengelolaan pencatatan dan pelaporan keuangan perusahaan.

7) Manajemen Informasi
Manajemen informasi merupakan bidang manajemen berupa pengelolaan data yang terdiri dari proses mencari, menyusun, proses klasifikasi serta memperlihatkan semua data yang terkait dengan kegiatan perusahaan.