Breaking News

Jelaskan jenis faktor produksi yang disediakan oleh rumah tangga konsumen (RTK) dan rumah tangga produsen (RTP)! *

jawaban yang tepat untuk pertanyaan diatas adalah faktor produksi alam, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan.

Faktor produksi adalah adalah segala sumber daya yang diperlukan saat melakukan suatu proses produksi barang maupun jasa.

Pada soal diatas, faktor produksi yang di sediakan oleh Rumah Tangga Konsumen (RTK) untuk Rumah Tangga Produsen (RTP) dibedakan sebagai berikut:
A. FAKTOR PRODUKSI ASLI

  1. Faktor produksi alam
    Sumber daya alam merupakan semua hal yang telah tersedia di alam dan bisa dimanfaatkan guna mencapai kemakmuran. Ini termasuk lahan, lingkungan alam, dan semua kekayaan yang terdapat di dalam tanah. Contoh faktor produksi sumber daya alam meliputi tanah, sinar matahari, udara, air, tumbuhan hewan, mineral, dan jenis tambang lainnya. Bentuk pengembalian balas jasanya yaitu sewa.
  2. Faktor produksi tenaga kerja
    Jenis faktor produksi ini meliputi semua usaha yang dilakukan manusia guna meningkatkan nilai pada suatu benda. Contohnya adalah tenaga kerja terdidik, terampil, tidak terdidik dan tidak terampil, serta tenaga kerja jasmani dan rohani. Bentuk pengembalian balas jasanya yaitu upah.

B. FAKTOR PRODUKSI TURUNAN

  1. Faktor produksi modal
    Modal merupakan sarana yang bisa digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Tidak melulu uang, modal juga bisa berupa barang yang telah dihasilkan atau alat produksi. Contoh dari modal yaitu modal tetap, lancar, modal sendiri atau asing, modal individu dan publik, serta modal konkret dan abstrak. Bentuk pengembalian balas jasanya yaitu bunga.
  2. Faktor produksi kewirausahaan
    Kewirausahaan atau manajerial juga perlu diikutsertakan dalam faktor produksi. Pasalnya, penentu keberhasilan dari suatu proses produksi tidak hanya produk, tetapi juga strategi, teknik atau cara, kontrol, perencanaan, dan masih banyak lagi. Aspek ini pun termasuk pembukuan, pemasaran, distribusi, hingga observasi terkait pasar. Bentuk pengembalian balas jasanya yaitu profit/keuntungan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa faktor produksi yang disediakan RTK dibedakan menjadi dua yaitu faktor produksi asli meliputi alam dan tenaga kerja dan faktor produksi turunan meliputi modal dan kewirausahaan.
Semoga bisa dipahami ya Zahira