Breaking News

(1. Produksi BBM di Indonesia dikuasai dan dikelola oleh PT Pertamina (Persero), dengan demikian seluruh perusahaan pengeboran minyak hanya sebagai kontraktor PT Pertamina (Persero).
(2. Di suatu pasar jumlah pembeli dan penjualnya sama-sama banyak dan yang diperdagangkan barangnya bersifat homogen. Di pasar tersebut pembeli dan penjual sama-sama tidak mampu memengaruhi harga barang.
(3. Pada daerah tertentu diketahui seluruh penduduknya sebagai petani cengkeh, tetapi di daerah tersebut hanya ada dua orang sebagai pembeli cengkeh petani, sehingga permainan harga cengkeh dari kedua pembeli tersebut sering merugikan petani.
(4. Di Indonesia pangsa pasar sepeda motor hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan motor saja sehingga perusahaan motor yang baru sulit untuk menembus pasar motor di Indonesia.
(5. Dalam suatu pasar harga barang telah terbentuk oleh mekanisme pasar, sehingga produsen tidak mampu lagi menentukan harga barang produksinya.
Dari pernyataan di atas yang merupakan model bentuk pasar persaingan sempurna adalah

A. 1 dan 2
C. 3 dan 4
B. 1 dan 3
D. 2 dan 5
E. 4 dan 5

awaban yang tepat adalah (D) 2 dan 5, ya.

Pasar persaingan sempurna merupakan suatu struktur pasar yang terdiri dari banyak produsen dan pembeli. Selain itu, barang yang ditawarkan setiap produsen di pasar memiliki karakteristik yang sangat mirip (persis sama) sehingga dikatakan homogen. Dampaknya, baik produsen maupun pembeli bertindak sebagai “price taker” yaitu tidak memiliki kemampuan untuk memengaruhi keseimbangan di pasar.