Breaking News

Apa dampak pasar monopoli bagi konsumen?

Dampak pasar monopoli terhadap konsumen yaitu konsumen tidak memiliki pilihan selain apa yang telah disediakan oleh produsen dan harga barang yang tidak stabil karena harga ditentukan oleh produsen bukan pada mekanisme pasar.

Pembahasan
Pasar monopoli adalah pasar yang terdiri dari banyak pembeli dengan hanya ada satu produsen saja yang menguasai semua permintaan pasar. Pasar monopoli terjadi karena sumber daya hanya dimiliki oleh satu produsen saja, dengan adanya keterbatasan sumber daya ini, maka tidak ada kesempatan bagi produsen lain untuk bisa masuk di pasar ini.

Pasar monopoli terdiri dari pasar monopoli murni dan pasar monopoli buatan, pasar monopoli buatan dapat dilihat pada PT. PLN, dimana PT. PLN merupakan satu-satunya perusahaan yang memberikan layanan listrik kepada seluruh masyarakat.

Monopoli yang dilakukan oleh PT. PLN tentu mempunyai tujuan, yaitu agar seluruh masyarakat dapat menikmati listrik, karena pT. PLN merupakan salah satu BUMN yang dimiliki oleh pemerintah, jadi monopoli jenis ini bertujuan untuk menyejahterakan seluruh masyarakat.