Breaking News

sebutkan dan jelaskan terjadinya kelangkaan dan berikanlah contohnya

Kelangkaan adalah kondisi dimana terbatasnya sumber daya alam, sedangkan kebutuhan kita sebagai manusia akan sumber daya alam tersebut tidak terbatas. Secara umum, ada 5 hal yang menyebabkan terjadinya kelangkaan, yaitu sebagai berikut.

  1. Perbedaan letak geografis, hal ini karena sumber daya alam yang ada di bumi tidak tersebar secara merata. Ada tempat yang mempunyai tanah-tanah subur, ada juga yang tidak.
  2. Pertumbuhan penduduk, pertumbuhan penduduk yang lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi akan menyebabkan kelangkaan. Banyaknya penduduk berarti lebih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.
  3. Kemampuan produksi, faktor-faktor produksi (tenaga kerja, sumber daya alam, modal, kewirausahaan) yang kita punya tidak akan sama kemampuannya. Alhasil, tidak semua kebutuhan akan terpenuhi.
  4. Perkembangan teknologi, teknologi yang kurang canggih akan menghambat proses produksi, sehingga mengakibatkan tidak optimalnya produksi barang dan jasa.
  5. Bencana alam, bencana alam akan mempengaruhi jumlah sumber daya yang ada, sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan manusia.

Contoh dari kelangkaan adalah, ketika awal masa pandemi, terjadi permintaan masker secara besar-besaran, sementara stok barang yang tersedia jauh dari tingkat permintaan masker tersebut. Alhasil, karena tingginya tingkat permintaan dan ketersediaan masker sedikit, maka terjadilah kelangkaan masker.