Breaking News

apa fungsi peran produsen

Produsen adalah penghasil, badan, atau orang yang memproduksi barang dan jasa untuk dimanfaatkan pasar. Sementara menurut ilmu ekonomi, produsen merupakan pihak yang memegang peranan penting dalam memproduksi dan menyediakan barang, untuk kebutuhan pasar.

Berikut peranan produsen secara khusus dalam menjalankan kegiatan perekonomian:

  1. Menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.
  2. Mengelola barang mentah atau alat yang menjadi faktor produksi, untuk menjalankan kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa.
  3. Menyediakan dan membuka lapangan pekerjaan, serta menjadi tempat berlangsungnya kegiatan ekonomi yang berguna bagi masyarakat.
  4. Memberikan harga dan pembayaran untuk setiap faktor produksi, yang sudah digunakan dalam bentuk sewa ataupun upah tetap.
  5. Menjadi agen utama yang berperan penting dalam pembangunan serta pertumbuhan ekonomi, dengan memiliki tanggung jawab terhadap pegawai juga lingkungan sekitar.
  6. Menerima pembayaran terhadap apa yang sudah diberikan, sehingga perputaran uang akan terus berlangsung dan kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan lancar.
  7. Membayarkan pajak pendapatan kepada negara, sehingga pendapatan negara bisa terus berlangsung dan bisa menjalankan fungsi perekonomian negara.