Breaking News

Identifikasikan tinggi rendahnya pendapatan perkapita menurut Bank Dunia

Tinggi rendahnya pendapatan perkapita menurut bank dunia adalah sebagai berikut :

  1. Negara yang berpendapatan rendah (low Income), yaitu negara yang memiliki pendapatan domestik bruto sebesar $1.025 atau kurang.
  2. Negara berpendapatan menengah rendah (lower middle income) yaitu negara yang memiliki pendapatan domestik bruto sebesar $1.026 sampai dengan $4,035
  3. Negara berpendapatan menengah tinggi (Upper Middle Income) yaitu negara yang memiliki pendapatan nasional bruto perkapita $4.036 hingga $12.475
  4. Negara berpendapatan tinggi (High income) yaitu negara yang memiliki pendapatan nasional bruto perkapita sebesar $12,470 atau lebih.

Jadi pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata yang dihasilkan penduduk di suatu negara. pendapatan perkapita dihasilkan dari perhitungan pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk yang ada di negara tersebut. Bank Dunia mengelompokkan negara-negara berdasarkan besarnya pendapatan perkapitanya, negara miskin adalah negara yang masuk dalam negara berpendapatan rendah atau low income, yang PDB perkapitanya dibawah $1.025, sedangkan negara maju adalah negara dengan PDB perkapitanya sebesar $12.470 atau lebih. dan negara yang berada ditengah-tengah diantara negara maju dan negara miskin itu adalah negara berkembang.