Breaking News

apa hubungannya ekonomi dgn manajemen? sekalian perbedaan nya?

Hubungannya adalah dalam bidang penerapannya. Dalam menjalankan kegiatan ekonomi, tentu saja kita akan melakukan kegiatan manajemen(pengaturan), apalagi jika kita membuka toko dan perusahaan. Lalu, manajemen tidak hanya berlaku bagi bos atau para atasan perusahaan, akan tetapi karyawan operasional pun wajib bisa melakukan manajemen. Apa yg hrs dimanajemenkan? Tentu saja diri sendiri, seperti: membagi waktu kerja dan istirahat, memikirkan bagaimana cara melakukan pekerjaan dgn lebih baik dan efisien, dsb.

Lalu, apa perbedaannya? Perbedaannya adalah ilmu ekonomi mempelajari masalah ekonomi yg dialami masyarakat, bagaimana solusi utk mengatasi masalah ekonomi tersebut, gejala atau peristiwa ekonomi di tengah masyarakat, dsb.

Lain halnya dgn manajemen, manajemen mempelajari bagaimana cara kita memanfaatkan sumber daya atau aset yg kita miliki utk menghasilkan produk atau jasa yg berkualitas. Dlm ilmu manajemen, kita tdk mempelajari masalah2 ekonomi, gejala ekonomi, peristiwa ekonomi, dsb. Namun, manajemen termasuk dlm bagian ilmu ekonomi karena pada saat kita melakukan kegiatan ekonomi kita tdk terlepas dri yg namanya manajemen.