Breaking News
Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime Tanpa Menghapus Aplikasi atau File

Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime Tanpa Menghapus Aplikasi atau File

Sebagai smartphone dengan kapasitas memori yang kecil, Samsung J2 Prime memang sering mengalami masalah pengisian memori penyimpanan yang sangat sering.

Mengapa memori Samsung J2 Prime cepat penuh?

Seiring berjalannya waktu, masalah memori ponsel Samsung J2 Prime yang penuh sering mengganggu pengguna.

Selain memori yang lebih kecil, ada beberapa alasan mengapa memori Galaxy J2 Prime bisa cepat penuh, di antaranya:

  • Ukuran aplikasi selalu meningkat dengan setiap pembaruan.
  • Aplikasi yang tidak berguna (atau tidak pernah digunakan) terpasang di ponsel Anda.
  • Game Android saat ini semakin besar.
  • Ada banyak cache aplikasi dan game yang jarang dibersihkan.
  • Banyak file sampah usang menumpuk di penyimpanan internal.
  • Ada tumpukan file yang dihasilkan oleh aplikasi, seperti foto dan video dari WhatsApp, dll.

Cara Mengatasi Masalah Memori Penuh Pada Samsung J2 Prime

Untuk mengatasi HP Samsung J2 Prime yang mengalami masalah penyimpanan penuh, Anda bisa mencoba beberapa tips dan cara yang sudah saya tulis di bawah ini.

Hapus atau clear cache pada HP Samsung J2 Prime

Cache adalah data sementara yang disimpan di memori telepon saat aplikasi sedang berjalan di telepon. Misalnya, jika Anda menjelajah di Chrome, saat Anda mengunjungi situs web, Chrome menyimpan data seperti gambar atau file javascript dan CSS sebagai cache di penyimpanan internal.

Ini memungkinkan Chrome memainkan apa yang dibutuhkannya lebih cepat, dan juga menghemat data karena tidak perlu memuat data yang sama dua kali.

Tentu saja, seiring waktu, file cache akan menumpuk dan menyebabkan ruang penyimpanan di Samsung J2 Prime terisi. Untuk memperbaikinya, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengosongkan cache secara teratur.

Bagaimana cara menghapus cache pada HP Samsung J2 Prime?

  • Silahkan buka menu Setting.
  • Kemudian pilih menu “Aplikasi”.
  • Kemudian pilih Manajer Aplikasi.
  • Kemudian cari aplikasi yang ingin Anda hapus cache, seperti Chrome.
  • Terakhir, klik Clear Cache atau Clear Cache.
  • cara clear cache samsung j2 prime membuat memori tidak penuh

Jika Anda tidak ingin menghapus cache aplikasi satu per satu, Anda dapat menggunakan fitur penghapusan cache bawaan yang sudah dimiliki Samsung J2 Prime sebagai berikut :

  • Silahkan buka menu Setting.
  • Kemudian pilih Pemeliharaan Perangkat.
  • Terakhir, klik tombol “Optimalkan Sekarang”.

Nah, sekarang semua cache dihapus. Sebuah masalah telah terpecahkan. Tapi jangan terlalu senang untuk saat ini, karena Anda masih bisa mencoba beberapa trik di bawah ini untuk mengatasi Samsung J2 Prime yang penuh memori internal.

Hapus file sampah yang tidak berguna di pengelola file

Menghapus cache saja tidak cukup, Anda juga harus menghapus file sampah di pengelola file untuk mengosongkan ruang penyimpanan internal ponsel Galaxy J2 Prime kesayangan Anda.

Silahkan hapus file-file yang sudah tidak berguna lagi, seperti foto, video, dokumen, dll. Juga, Anda perlu menghapus file yang dihasilkan oleh aplikasi. Saya menggunakan WhatsApp sebagai contoh.

Sebagai aplikasi chatting, WhatsApp ternyata menjadi penyebab memori Samsung J2 Prime penuh. Ini karena WhatsApp menyimpan file seperti foto, video, dan audio di pengelola file.

Misalnya, seorang teman mengirimkan gambar atau video ke WhatsApp Anda, dan ketika Anda membuka foto atau video tersebut, file tersebut disimpan di memori internal. Inilah yang menyebabkan banyak file sampah menumpuk di memori.

Untuk menghapus file sampah yang dihasilkan oleh WhatsApp, buka File Manager > WhatsApp > Media > dan bersihkan isi folder yang ada di dalamnya, seperti: gambar WhatsApp, video WhatsApp, audio WhatsApp, dll.

Pindahkan penyimpanan kamera ke MicroSD

Secara default, hasil kamera seperti foto dan video pada Samsung Galaxy J2 Prime disimpan di memori. Jika Anda memiliki penyimpanan eksternal (MicroSD) maka saya sangat menyarankan Anda untuk mengubah penyimpanan default ke penyimpanan eksternal.

Oleh karena itu, foto dan video yang diambil oleh kamera akan disimpan di microSD tanpa membebani penyimpanan internal.

Pindahkan file ke penyimpanan eksternal (MicroSD)

Ada banyak kartu microSD murah dan terjangkau saat ini, dan mulai dari 50.000, Anda bisa mendapatkan microSD premium untuk penyimpanan eksternal di ponsel Galaxy J2 Prime Anda.

Dengan memindahkan file penting seperti foto, video, mp3, dokumen, dll ke penyimpanan eksternal, Anda dapat mengosongkan penyimpanan internal dan membuatnya tidak memuaskan.

Atur ulang ke stelan pabrik

Melakukan reset pabrik adalah solusi terakhir untuk memperbaiki ruang penyimpanan penuh pada ponsel Samsung J2 Prime.

Seperti yang kita ketahui bersama, cara reset HP Samsung J2 Prime dapat memperbaiki berbagai masalah yang mengganggu ponsel Anda, seperti lupa pola, kecepatan ponsel lambat, bug aplikasi, dan tentu saja memori penuh.

Dengan melakukan reset, semua data di Galaxy J2 Prime Anda akan terhapus dan ponsel akan kembali ke pengaturan semula, seperti saat ponsel dikirim dari pabrik.

Bagi yang tidak ingin repot memikirkan solusi untuk mengatasi ruang interior HP Samsung J2 Prime, factory reset memang merupakan pendekatan yang praktis. Namun sebelum itu, saya sarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Dengan mencadangkan data penting seperti foto, video, audio, dokumen, mencadangkan kontak dan file penting lainnya, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data.