Breaking News

Cara Menyambungkan Kabel

Ada banyak jenis kabel, termasuk kabel inti tunggal, kabel inti serat, kabel aluminium, dan kabel tembaga. Setiap jenis kabel memiliki teknologi koneksi yang berbeda, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Perlu Anda ingat bahwa kabel listrik yang baik adalah kabel yang tidak tersambung. Oleh karena itu, kecuali keadaan mendesak dan membutuhkan proses instalasi listrik yang cepat, sebisa mungkin hindari penyambungan ke listrik.

Sambungan kabel dikatakan buruk karena bagian yang terhubung lebih berisiko. Saat sambungan kabel diberi energi, bagian tersebut bergetar. Jika sambungan kabel tidak terpasang dengan benar, ada kemungkinan listrik akan terputus, atau lebih buruk lagi, memicu percikan pada sambungan.

Cara mudah untuk menghubungkan kabel listrik
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kabel penghubung harus disesuaikan dengan jenis dan bahan kabel yang akan dihubungkan. Oleh karena itu, sebelum melakukan penyambungan, Anda harus mengetahui jenis kabelnya. Sebelum melakukan penyambungan, Anda juga harus menyiapkan alat bantu seperti tang dan obeng. Berikut adalah berbagai cara mudah untuk menghubungkan kabel listrik.

koneksi kuncir

  1. Sambungan ekor babi
    Sambungan kabel pigtail adalah sambungan yang paling mudah dibuat, dan juga mudah dibuat. Anda cukup menghubungkan kedua kabel dan memutarnya. Jangan lupa untuk melapisinya dengan insulasi agar lebih aman. Teknik yang sangat sederhana ini telah banyak digunakan orang untuk memperbaiki instalasi listrik mereka. Meskipun mudah dilakukan, teknik ini terbukti tidak stabil dan kabel lebih mudah dipisahkan. Oleh karena itu, teknologi pigtail cocok untuk kabel tanpa traksi.

koneksi memutar

  1. Koneksi twist gantungan bel
    Sambungan kabel terdampar merupakan peningkatan pada sambungan pigtail, yang cenderung mudah lepas. Sambungan puntir akan semakin kuat dan kuat karena kedua kabel tersebut langsung terhubung dan terikat satu sama lain. Fungsinya juga untuk menghubungkan kabel inti tunggal. Ada dua jenis koneksi twist, Bell Hangers dan Western Union.

Koneksi alternatif

  1. Koneksi alternatif
    Koneksi kali ini bisa dikatakan lebih rumit dari koneksi sebelumnya. Namun, di bawah kap kecanggihan, koneksi ini dijamin aman dan kuat. Caranya adalah dengan memotong atau mengupas ujungnya, dengan salah satu ujungnya dikupas lebih panjang. Kemudian silangkan ujung kabel sehingga membentuk huruf paralel “X” dengan panjang yang sama. Kemudian, putar keduanya. Basis yang tidak dipilin ditekuk 180 derajat berlawanan arah jarum jam untuk membentuk garis lurus. Putar alas di kedua ujung kabel yang terdampar.

koneksi Inggris

  1. Koneksi Inggris
    Teknologi koneksi kedua adalah koneksi Inggris. Teknik ini cocok untuk kabel 5-7 mm yang tidak dapat dipilin dengan tangan. Koneksi Inggris ini membutuhkan bantuan kabel yang lebih kecil untuk menyederhanakan proses penyambungan. Caranya adalah siapkan kabel pendek yang panjangnya beberapa sentimeter dan potong hingga tinggal inti saja. Kedua ujung kabel yang akan disambung sedikit ditekuk pada ujungnya. Kemudian hubungkan ke arah yang berlawanan, pastikan tikungan saling berhadapan, menghadap ke luar. Terakhir, bungkus inti kabel kecil di sekitar dua kabel yang telah terhubung.

koneksi syal

  1. Koneksi Syal
    Sambungan ini tidak jauh berbeda dengan sambungan Inggris, yang membutuhkan bantuan kabel kecil sebagai pengikatnya. Namun bedanya kabel yang akan disambung dijepit terlebih dahulu agar tidak terlalu besar. Caranya adalah dengan menyambungkan ujung kabel dengan isolasi yang dilucuti. Inti yang jauh lebih kecil kemudian dililitkan dengan erat di sekitar dua kabel sebagai pengikat.

Koneksi irisan kabel bungkus tunggal

  1. Koneksi irisan kabel bungkus tunggal
    Jenis koneksi ini adalah jenis koneksi yang paling kompleks dari semua jenis. Ini membutuhkan usaha yang cukup besar dan waktu yang lebih lama. Namun, koneksi ini memungkinkan koneksi yang sangat kuat dan aman. Jenis koneksi ini biasanya digunakan untuk menghubungkan kabel multi-core atau kabel serat optik. Cara penyambungannya adalah menyambungkan beberapa kabel satu per satu searah dengan arah sambungan gantungan bel, kemudian disatukan hingga rapi.

Hubungkan kabel dengan solder

  1. Hubungkan kabel dengan solder
    Teknik ini digunakan untuk penyambungan kabel jenis serat optik kecil. Sambungan dengan solder juga lebih kuat, mengingat kabel benar-benar menyatu dengan solder. Caranya sangat sederhana, yaitu pertama-tama kupas atau potong kedua ujung kabel berinsulasi, lalu putar ujung-ujung kabel dengan rapi. Terakhir, satukan kabel dan solder sambungannya.

Sambungan kabel dengan konektor kabel

  1. Sambungan kabel dengan konektor kabel
    Seperti namanya, sambungan ini menggunakan bahan tambahan, yaitu “kabel konektor”, yang berbentuk seperti selongsong. Teknologi koneksi ini dapat digunakan untuk kabel single core atau fiber optic. Teknik ini termasuk hasil yang sangat sederhana, cepat dan sangat menjanjikan karena tidak mudah dipisahkan. Caranya adalah dengan memasukkan kedua ujung kabel yang sudah terkelupas ke kabel konektor, kemudian gunakan tang skun (tang crimping) untuk menjepit konektor.