Breaking News

Menganalisis dampak inflasi

Menganalisis dampak inflasi

Pengaruh inflasi terhadap ekonomi suatu negara cukup besar. Karena itulah negara begitu takut tidak bisa mengendalikan laju inflasi. Nah jika diperinci, apa saja sih pengaruh inflasi terhadap ekonomi itu?

  1. Mengurangi Daya Beli
    Inflasi mengurangi nilai daya beli mata uang. Jadi akibat inflasi, jumlah uang yang sama akan membeli lebih sedikit barang daripada sebelumnya. Hal ini terjadi karena penjual terdorong untuk menaikkan harga barang mereka. Sebagai upaya untuk menangkap nilai yang sama untuk barang-barang mereka setelah inflasi.
  2. Mendorong Pengeluaran
    Dengan semakin menurunnya nilai mata uang, akan mendorong para pemilik tabungan untuk mengeluarkan uangnya. Kemudian menggunakannya untuk membeli barang atau jasa sesegera mungkin, sebelum uang tunai semakin kehilangan nilainya.
  3. Membantu Debitor namun Merugikan Kreditor
    Akibat penurunan nilai mata uang, debitor atau peminjam uang akan diuntungkan. Misalnya satu tahun lalu debitor meminjam uang sebesar sepuluh juta rupiah. Namun akibat inflasi nilai uang yang harus di kembalikan tahun ini telah berkurang.
  4. Memacu pertumbuhan Ekonomi
    Seperti disebutkan sebelumnya, inflasi menyebabkan konsumen lebih memilih mengeluarkan uangnya dibanding menabung. Selain itu inflasi juga mengurangi beban utang, yang dapat membantu pihak peminjam untuk lebih cepat melunasi pinjamannya.
  5. Distribusi Kekayaan
    Dampak inflasi tidak dirasakan sama rata oleh berbagai kelompok individu yang berbeda-beda dalam perekonomian. Beberapa kelompok memperoleh keuntungan, sebagian lainnya merugi.
  6. Suku Bunga Naik
    Inflasi membuat suku bunga semakin tinggi. Penyebabnya banyak, namun ada 2 penyebab utama yang akan dibahas salam artikel ini. Penyebab kenaikan suku bunga yang pertama adalah karena pihak bank dan kreditur (pemberi pinjaman) menyesuaikan tingkat suku bunga yang mereka tetapkan dengan nilai rupiah terbaru.