Breaking News

Coba anda jelaskan apa yang dimaksud dengan ekonomi syariah. Serta berikan contoh kegiatan ekonomi syariah di kehidupan sehari-hari

Coba anda jelaskan apa yang dimaksud dengan ekonomi syariah. Serta berikan contoh kegiatan ekonomi syariah di kehidupan sehari-hari

Ekonomi syariah atau sering disebut juga dengan Ekonomi Islam adalah bentuk percabangan ilmu ekonomi yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Ekonomi syariah melandaskan pada syariat Islam, yang berasal dari Al-Qur’an, Sunnah, Ijma’, dan Qiyas. Hukum-hukum yang melandasai prosedur transaksi sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat ini tidak diukur dari aspek materil saja, namun juga mempertimbangkan dampak sosial, mental dan spiritual serta dampaknya pada lingkungan.

Contoh Ekonomi Syariah
Masyarakat Indonesia sudah lama menjalankan bisnis berbasis syariah. Bisnis yang satu ini malah jadi alternatif orang-orang yang ingin lebih aman dan nyaman dalam menjalankan perekonomian di Indonesia. Simak beberapa contoh penerapan ekonomi syariah di Indonesia.

  1. Asuransi Syariah
    Produk yang ditawarkan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan asuransi konvensional. Namun, pertanggungan yang dilakukan merupakan hasil kerja sama dengan para anggota lainnya. Selain itu, investasi asuransinya pun dilakukan pada produk syariah.
  2. Perbankan Syariah
    Bila perbankan berbasis konvesional memberikan bunga pada produk yang ditawarkan, bank syariah hanya akna memberikan bagi hasil atau nisbah. Menurut Islam, bunga termasuk riba dan hanya menguntungkan satu pihak saja.
  3. Pegadaian Syariah
    Bisnis ini menawarkan jual-beli dalam Islam. Keuntungan dari proses pegadaian akan diberikan untuk memudahkan nasabah mendaftar haji atau membayar tagihan rutin bulanan.
  4. Kafe Syariah
    Bisnis yang satu ini juga banyak dijalankan di Indonesia. Semuanya bahan dan penyajiannya mengedepankan kehalalan dan kebersihan. Dalam Islam, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Memberikan sesuatu yang bersih kepada orang lain juga disarankan.