Breaking News
Cara Memasang Saklar Kabel Roll 3 Kaki

Cara Memasang Saklar Kabel Roll 3 Kaki

Beritaharianku.com – Cara pasang kabel roll 3 kaki sangatlah mudah jika kalian tahu ilmu, berikut kami akan memberikan tutorial cara memasang saklar kabel roll 3 kaki dengan alat alat sederhana.

Kabel roll memang sangat di butuhkan di lingkungan rumah tangga, biasanya ibu ibu mengunakan kabel roll untuk menstrika baju, menyambungkan kebel yang kurang panjang, dan lain sebagainya.

Kelebihan kabel roll

Kelebihan kabel roll di banding kabel biasa penggunaan nya yang pleksible dan bisa di bongkar pasang dimanapun kabel roll ini di butuhkan, namun di balik kelebihan kabel rol yang simple ini tentu saja memiliki kekurangan yang

Kekurangan kabel roll

Namun ada satu kelemahan kabel roll, yaitu sering mati sendiri bahkan sampai ada yang terbakar, penyebab nya karena pemakaian kabel roll yang rumyan lama membuat kabel roll tidak kuat menahan panas yang berlebih.

Tetapi ada satu kasus lagi dimana kabel roll tidak terbakar melainkan kabel nya putus di tengah jalan, hal ini yang membuat ibu ibu merasa jengkel, kalau sudah putus di tengah jalan cara satu satu nya yaitu dengan mendekteksi arus listrik mengunakan tespen.

Selain dua kasus di atas yang lebih sering terjadi adalah tidak berpungsi nya saklar atau yang biasa di sebut switch, dimana saklar atau switch ini amat sangat penting untuk sebuah kabel roll.

Fungsi Saklar atau Switch pada kabel rol

Jika dalam keadaan normal saklar ini akan menyala ketika saklar berada di posisi ON, sebaliknya jika switch di posisi OFF maka akan mati.

Tetapi jika dalam keadaan rusak saklar ini tidak akan berpungsi dengan baik, dan juga kabel pun tidak dapat mengalirkan listrik.

Solusi terbaik untuk menangani saklar mati adalah dengan cara menganti nya dengan saklar yang baru, sebelum membeli pastikan saklar kabel roll memiliki 3 kaki.

Cara Memasang Saklar Kabel Roll 3 Kaki

Apabila masih bingung cara menggantinya silahkan simak tutorial cara memasang saklar kabel roll 3 kaki di bawah ini

1. Pertama tama siapkan obeng min atau plus biasanya setiap kabel roll memiliki baud yang berbedabeda.

2. Siapkan saklar kabel roll kaki 3 yang baru.

3. Buka semua baud di permukaan kabel roll dengan mengunakan obeng min atau plus yang telah di siapkan tadi.

4. Apabila semua baud telah di buka sekarang buka rumah saklar kabel roll dengan perlahan.

5. Setelah itu buka saklar kabel roll 3 kaki yang rusak dari dudukan nya, cara nya tinggal tekan saja keluar dengan sedikit tenaga.

6. Setelah saklar berhasil di keluarkan silahkan ganti dengan yang baru yang telah di sediakan tadi.

7. Cara pasang nya seperti ini, sambungkan kaki sakelar nomor satu ke kabel steker dan stopkontak.(kaki nomor 1 berada di bawah kode titik “.” atau kode angka satu “|” pada saklar)

8. Sambungkan kaki saklar yang berada di posisi tengah (kaki nomor 2) ke stopkontak.

9. Sambungkan kaki saklar nomor tiga ke kabel steker. (kaki nomor 3 berada di bawah kode nol “0” pada saklar)

10. Setelah terpasang semua jangan lupa di cek terlebih dahulu apakah pemasangan saklar kebel roll sudah benar, jika sudah di tes dan menyala, silahkan tutup kembali rumah kabel roll dengan baut dan jagan lupa di kencangkan.

11. selesai

Baca juga : Rangkaian 1 Lampu 1 Saklar dan 1 Stop Kontak

Demikian cara memasang kabel roll 3 kaki dengan alat alat sederhana tanpa perlu ke tempat service, semoga berhasil