Breaking News

Kenaikan suhu akan mempercepat laju reaksi karena

Kenaikan suhu akan mempercepat laju reaksi karena kenaikan suhu akan …space

a. menaikkan energi aktivasi zat yang bereaksispace

b. memperbesar konsentrasi zat yang bereaksispace

c. memperbesar energi kinetik molekul pereaksispace

d. memperbesar luas permukaan bidang sentuhspace

e. menurunkan energi aktivasi molekul pereaksispace

Kenaikan suhu akan mempercepat laju reaksi, karena kenaikan suhu akan c) memperbesar energi kinetik molekul pereaksi.

Pembahasan

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Pernahkah kamu melihat kayu terbakar? Ketika kamu membakar serpihan kayu dan membakar balok kayu, manakah yang lebih cepat terbakar?

Dari pengamatan tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi adalah

  1. Konsentrasi
  2. Luas permukaan sentuh
  3. Konsentrasi
  4. Suhu
  5. Tekanan
  6. Katalis

Suhu

Jika suhu dinaikkan, maka energi kinetik antar partikel akan bertambah, hal ini karenakan ketika suhu dinaikan partikel partikel reaktan (zat pereaksi) akan bergerak lebih cepat sehingga tumbukan antar partikel lebih sering terjadi. Oleh karena itu, reaksi akan berlangsung lebih cepat.

Jawab C

Berikut penjelasan faktor yang mempengaruhi laju reaksi selain suhu

Konsentrasi

Larutan yang memiliki konsentrasi besar (tinggI) memiliki partikel yang lebih rapat karena jumlah molekul-molekul dalam larutan semakin banyak. Reaksi dapat berlangsung akibat adanya tumbukan antar partikel pereaksi. Tumbukan yang menghasilkan reaksi disebut tumbukan efektif.

Sehingga semakin besar (tinggi) konsentrasi maka semakin banyak tumbukan yang terjadi, sehingga frekuensi tumbukan semakin besar dan reaksi akan bertambah cepat.

Luas Permukaan Sentuh

Apakah adanya perbedaaan ukuran kepingan zat padat berpengaruh terhadap laju reaksi? Ketika kalian membakar balok kayu dan serpihan kayu, manakah yang lebih cepat terbakar? Jawabannya adalah serpihan kayu lebih cepat terbakar dari pada balok kayu.

Kepingan yang halus bereaksi lebih cepat

Kepingan yang lebih kasar bereaksi lebih lambat

Hal ini dapat dikarenakan semakin halus ukuran kepingan zat padat, semakin luas permukaan bidang sentuh maka semakin cepat reaksi berlangsung. Begitu juga sebaliknya, kepingan ukuran zat padat yang lebih kasar, semakin kecil luas permukaan bidang sentuh, sehingga semakin lamat reaksi berlangsung.

Jika dihubungkan dengan teori tumbukan, maka semakin luas permukaan bidang sentuh maka semakin banyak tumbukan antar partikel yang terjadi sehingga reaksi akan semakin cepat. Sebaliknya, jika semakin kecil luas permukaan bidang sentuh maka semakin sedikit tumbukan antar partikel yang terjadi, menyebabkan reaksi akan berlangsung lambat.

Tekanan

Apabila tekanan diperbesar, maka tumbukan antar partikel-partikel zat akan semakin sering. Hal tersebut menyebabkan laju reaksi semakin cepat, begitu juga sebaliknya, jika tekanan diturunkan maka laju reaksi akan semakin lambat, karena kurangnya tumbukan antar partikel yang terjadi.

Katalis

Zat yang dapat mempercepat laju reaksi, katalisator akan terbentuk kembali diakhir reaksi. Katalisator dapat mempercepat laju reaksi dengan cara menurunkan energi aktivasi. Katalis dapat dibedakan menjadi 2 yaitu katalis homogen dan katalis heterogen. Katalis homogen adalah katalis yang memiliki fase sama dengan reaktannya (zat pereaksi). Sedangkan katalis heterogen adalah katalis yang memiliki fase yang berbeda dengan reaktannya (zat pereaksi).