Breaking News
Cara Pasang Kabel Stop Kontak

Cara Pasang Kabel Stop Kontak

Cara pemasangan kabel stop kontak di saklar seri saklar ganda atau saklar double ini adalah contoh untuk saklarnya dua ya dua tombol on jadi untuk cara pemasangannya ini ada di belakang.

Belakangnya si saklar seri jadi ada dua input disini untuk inputnya yaitu di yang merah ini adalah input yang output adalah yang putih Gimana cara pemasangan kabelnya tolong disimak ya.

Karena ini sering banyak yang salah gitu untuk cara jumpernya ini khusus bagi pemula ya yang baru tahu baru mengenal saklar seri jadi untuk yang pertama untuk pengambilan si kabelnya dari sumber listriknya atau dari fasa nya harus ke input dulu.

Cara Pasang Kabel Stop Kontak

Harus ke input dulu yang ke merah yang ini gapapa bebas yang dari sumber listrik hanya satu kabel ya dan yang masuk ke sini wajib kabel pasa atau Kabel positif.

Ini dari MCB atau dari sumber listrik masuk ke mana masuk ke input yang merah ini nih masukkan aja tinggal colokin aja gampang Nah sudah keras oke inget ini masuk dari MCB dari MCB masuk ke input yang merah.

Selanjutnya lihat input ini masuk ke mana-mana Kan tiap-tiap saklar wajib ada inputnya atau ada sumber listriknya jadi si inputnya itu dari sini masuk ke sini dari input saklar 1 masuk ke sektor 2 yang namanya itu penjumperan.

Oke jadi jumpernya di mana jumper nya disini nih jumpernya di sini ke sini karena sudah ada input dari MCB atau dari sumber listrik masuk kesini ini juga butuh sumber listriknya dari mana dari sini aja di jumper 1 2 oke kita coba ini udah siapkan jumpernya tinggal masukin aja.

Nah mudah kayak gini doang dari sumber listrik masuk ke input 1 seputar satu yang saklar 2 tinggal dijemput di sini ini wajib kebal Pasa ya inget kabel pasa jangan Netral harus kabel fasa yang ada di saklar ini wajib kabel fasa.

Masuk dari sumber listrik ke inputnya ya saklar satu dari input saklar 1 di jumper in lagi ke input saklar 2 nah pertanyaannya sekarang yang ke lampu kemana ? ini udah yang keluaran outputnya di saklar tunggal yang ini saklar 1-2 dari sini nih di sini ke lampu satu.

Dari sini ke lampu2 dan langsung aja kita pasang nih contohnya nih jika beli ni ke lampu Indonesia colokin aja nah ini ke lampu 1 dan yang terakhir yang disini lubang sini ke lampu2.

Kita masukin nah udah segini aja nih ini lubangnya bebas ya mau lubang ini boleh mau lobang ini boleh jadi sama Gitu jadi yang saklar 1 outputnya masuk ke Lampu ini yang putih ini ke lampu ya ingat yang putih ini kemampuan yang putih kedua ini ke lampu 2 ini masuk dari sumber listrik.

Udah MCB proses jumpernya gimana Kayak gini nih di jumper antar input saklar tunggal ya kalo jadi satu kan jadi saklar tunggal nih oke antara input saklar jadi namanya saklar seri dijumper di sini jadi yang masuk ke saklar seri ini hanya tiga kabel oke hanya tiga kabel.

Tinggal kita rubah rubah gampang keluarnya kayak gini ih udah deh jadi inget inget hanya tiga yang masuk kabel ke sini ya Jadi tadi udah kita Jelaskan yang ini masuk dari sumber fasa atau sumber listriknya yang ini ke lampu satu dan ini ke lampu 2.

Ini masuk input sumber listrik ini ke lampu 1 lampu 2 di sini ada proses penjumperan jadi nggak perlu empat kabel yang masuk sini ya ke-3 aja Nah di sini udah ada di jumper Oke Paham ya hati-hati Soalnya banyak yang salah nih untuk cara masangnya