Breaking News
4 Fungsi Utama Exhaust Fan untuk Pabrik

4 Fungsi Utama Exhaust Fan untuk Pabrik

Beritaharianku.com – Sebagai orang yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan membuat pabrik sendiri tentu Anda tak bisa melupakan hal-hal kecil. Ya, exhaust fan untuk pabrik memang sangat kecil akan tetapi tidak bisa disepelekan. Alat yang ukurannya tak ada apa-apanya dengan ukuran gedung pabrik ini wajib diketahui dan dipasang dalam bangunan.

Fungsi Utama Exhaust Fan untuk Pabrik

Memangnya kenapa alat sekecil ini penting dan wajib dipasang di pabrik? Semua itu ada alasan yang berkaitan dengan kenyamanan serta keselamatan karyawan yang bekerja di dalam gedung pabrik tersebut. Untuk lebih jelasnya, kami akan sampaikan beberapa fungsi utama exhaust fan untuk pabrik berikut ini:

Untuk Mengeluarkan Panas yang Terjebak dalam Bangunan Pabrik

Hal pertama yang paling mudah dipahami adalah untuk mengeluarkan hawa atau udara panas yang terjebak di dalam bangunan. Anda pasti tahu sendiri bahwa bentuk sebuah pabrik ya seperti itu. Ada bangunan dan menggunakan atap berupa seng, galvalum, atau PVC.

Bahan-bahan yang satu ini dikenal dengan pengantaran panas yang baik. Oleh karena itu, pada saat siang hari yang panas bahan ini menyalurkan panasnya ke dalam gedung. Anda pasti sedang membayangkannya bukan?

Setelah udara panas itu masuk tak mudah untuk keluar karena di luar suhunya lebih panas. Jadi hawa panas itu akan terperangkap di dalam gedung. Bisa dilihat dari termometer ruangan yang ada di gedung.

Nah, inilah fungsi dari exhaust fan yaitu mengeluarkan hawa panas tersebut keluar. Jadi, suhu yang ada di dalam itu tidak panas dan sumpek.

Baca juga : Cara menghitung kapasitas Exhaust Fan atau Blower

Untuk Menyaring Udara dengan Kontaminan di Dalam Bangunan Pabrik

Seperti yang kita tahu bahwa pabrik itu bermacam-macam ya. Ada pabrik makanan, pabrik tekstil, hingga pabrik yang berkecimpung dengan bahan kimia keras. Tentunya hal ini akan menyebabkan munculnya kontaminan.

Misalnya pabrik makanan, di sana ada pengolahan yang menimbulkan asap. Pabrik tekstil di sana ada proses pewarnaan yang membutuhkan bahan kimia. Apalagi pabrik yang memang berkecimpung di bidang bahan kimia.

Bahkan sebenarnya, tak usah berbicara soal apa material pabrik CO2 yang dikeluarkan oleh karyawan pun juga sangat besar. Anda tahu sendiri kalau manusia itu menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

Bayangkan jika di dalam pabrik itu isinya ribuan orang. Mereka menghirup oksigen yang sama dan sama-sama mengeluarkan C02. Sudah terbayang kan bagaimana bahayanya jika tak ada exhaust fan?

Kontaminan ini sangat berbahaya jika sampai dihirup oleh para karyawan. Walaupun sudah menggunakan masker namun kontaminan ini memiliki ukuran yang super kecil sehingga bisa tembus atau lewat celah masker.

Inilah pentingnya exhaust fan yaitu menyaring kontaminan-kontaminan ini sehingga udara yang tinggal di dalam gedung jadi lebih bersih.

Untuk Menyalurkan Udara yang Sudah Terkontaminasi ke Luar Bangunan Pabrik

Tak hanya untuk menyaring udara yang sudah terkontaminasi dengan berbagai bahan kimia berbahaya di dalam pabrik. Exhaust fan juga berfungsi untuk mengeluarkan udara tersebut keluar gedung.

Jadi, udara yang keluar itu sudah dalam bentuk yang aman dan tidak mencemari udara di sekitar. Karyawan aman, lingkungan pun juga tetap nyaman.

Untuk Mengalirkan Udara Segar ke Dalam Bangunan Pabrik

Perlu diketahui bahwa exhaust fan di pabrik itu tak hanya berfungsi mengeluarkan udara saja melainkan untuk memasukkan udara juga. Jadi, udara yang lebih segar dan yang penuh oksigen di luar dimasukkan melalui kipas yang satu ini.

Jadi, karyawan bisa tetap bekerja dengan nyaman dan aman karena menghirup udara yang mengandung oksigen. Walaupun bekerja dari pagi hingga sore mereka tetap mudah untuk bernafas.

Walaupun cuaca di luar sedang panas, ada produksi di dalam pabrik, ruangan masih tetap aman dan nyaman untuk organ pernafasan mereka. Produktivitas pabrik pun akan menjadi lebih meningkat bukan?

Itu dia beberapa fungsi utama dari exhaust fan untuk pabrik. Sebagai calon pengusaha besar sudah seharusnya mengetahui hal ini demi kenyamanan dan keselamatan karyawan. Pilih yang paling awet agar bisa bertahan lama dan juga menghemat pengeluaran modal.