Breaking News
masakan yang bisa di masak di heater

Masakan yg Bisa Dimasak di Heater

Beritaharianku.com – Masakan yg Bisa Dimasak di Heater, anda mungkin sudah tak asing lagi dengan elektronik bernama water heater. Ya alat pemanas air elektrik ini makin banyak digunakan oleh masyarakat untuk menyiapkan air panas untuk berbagai kebutuhan, bahkan untuk memasak. Nah, apa saja kira-kira masakan yg bisa dimasak di heater ini?

Masakan yg Bisa Dimasak di Heater

masakan yang bisa di masak di heater

Jika Anda sudah memiliki water heater ini di dapur, mungkin pernah terbersit atau penasaran dengan ide resep masakan yg bisa dimasak di heater sebelumnya.

Ya, tak sekedar bisa memanaskan air, dengan sedikit improvisasi, Anda bisa menyiapkan makanan sederhana saat enggan menggunakan kompor atau microwave. Berikut ini beberapa resep maknaan sederhana yang bisa Anda siapkan menggunakan water heater:  

1. Agar-agar, jelly atau pudding

Tentu saja, menu mudah yang bisa And acoba adalah membuat agar-agar kaya serat sekaligus mengenyangkan. Pada dasarnya, cara membuat agar-agar menggunakan heater juga tak jauh berbeda dengan saat Anda menggunakan kompor dan panci.

Misalnya untuk membuat agar-agar buah, Anda bisa menyiapkan bahan seperti tepung agar-agar, gula pasir dan bahan pelengkap lain seperti biji selasih, buah stroberi atau jeruk sesuai selera.

Cara memasaknya, campurkan air, tepung agar-agar dan gula ke dalam heater, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, didihkan adonan dengan menyambungkan kabel heater ke colokan.

Saat sudah mendidih, lepas dari colokan lalu tambahkan biji selasih ke adonan lalu tuang setengahnya ke cetakan. Tambahkan buah di atasnya, lalu tuang lagi sisa adonan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

 2. Sup

Bagaimana dengan makanan hangat? Sup mungkin bisa jadi pilihan makanan sehat yang juga bsia Anda siapkan cukup dari water heater saja. Masuk akal bukan, karena pada dasarnya sup juga mendidihkan air bersama bahan-bahan yang sudah disiapkan.

Yang perlu Anda siapkan antara lain daging ayam (200 gram), air (950 ml), wortel (potong dadu secukupnya), jagung manis (pipil secukupnya), telur ayam (1 butir, kocok lepas), daun bawang (1 batang), bawang putih (3 siung, memarkan) dan beberapa bahan lain seperti kaldu, lada halus, merica ataupun bawang goreng.

Cara masaknya, rebus ayam hingga lunak dalam water heater lalu iris tipis-tipis dan tiriskan secara terpisah. Selanjutnya, masukkan bawang putih, garam, lada, wortel, jagung dan daun bawang ke air rebusan ayam tadi.

Setelah wortel menjadi lebih empuk, masukkan perlahan irisan ayam dan telur. Setelah dirasa siap, pindahkan sup ke mangkuk lalu taburkan daun bawang dan bawang goreng.  

3. Mie Instan

Apabila Anda tak punya cukup waktu untuk menyiapkan bahan untu membuat sup di atas, maka mie instan aneka rasa pun bisa jadi alternatifnya. Anda tak harus menggunakan rice cooker atau microwave jika heater saja sudah cukup bisa diandalkan.

Ada beragam pilihan mie instan yang bisa Anda coba, bisa mie kuah atau juga bisa mie goreng. Pun demikian dengan topping yang bisa Anda kreasikan sendiri.

Untuk mie rebus, Anda bisa memulai dengan merebus air terlebih dahulu. Anda bisa menyiapkan bumbu ke dalam mangkuk sambil menunggu air mendidih. Masukkan mie ke heater saat air sudah mendidih lalu tunggu hingga cukup mengembang. Bila sudah matang, pindahkan mie beserta air rebusannya ke dalam mangkuk bumbu tadi.

Semenara untuk mie goreng, Anda bisa juga bisa memulainya dengan langkah yang sama. Rebus air, campurkan bumbu di piring lalu masukkan mie saat air sudah mendidih. Setelah mie matang, angkat dan tiriskan sebelum dituang ke dalam piring adonan. Anda bisa menambahkan topping sesuai selera seperti abon, bubuk cabe, telur, gorengan atau bahkan sayuran rebus.  

4. Pasta

Apabila mie instan kurang berat untuk selera Anda, bisa mencoba makanan khas Italia yang satu ini. Anda bisa menemukan berbagai macam produk pasta yang sudah dilengkapi bumbu dan saus, atau plain pasta dengan saus yang bisa dibeli secara terpisah. Ya, makanan ini bisa disesuaikan dengan selera dan dapat dengan mudah ditemukan di toko atau swalayan di sekitar Anda.

Cara memasak pasta mungkin tak jauh berbeda dengan cara menyiapkan mie rebus di atas. Anda bisa merebus air untuk memasak pasta, tirikan lalu tuang ke piring setelah matang. Tambahkan saus dan topping sesuai selera. Pastikan Anda menggunakan heater aluminimum dan colokan listrik di luarnya, agar memasak dengan heater tetap aman dan mudah dibersihkan.

Akhir Kata

Agar-agar, sup, mie instan dan pasta bisa jadi menu sederhana yang bisa dipilih saat Anda sedang malas atau tak ada waktu untuk menyalakan kompor dan membuat makanan. Karena terbilang sederhana, aneka pilihan resep masakan yg bisa dimasak di heater ini mungkin tak perlu Anda catat dan cukup diingat saja. Selamat mencoba.