Breaking News
Rangkaian Kipas Angin Maspion

Rangkaian Kipas Angin Maspion Yang Belum Kamu Ketahui

Beritaharianku.com – Rangkaian Kipas Angin Maspion, kipas angin adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan udara. Pada dasarnya fungsi umum dari kipas angin adalah untuk mendinginkan dengan udara segar, yang umumnya menggunakan tambahan komponen penghasil panas.

Pada umumnya kipas angin umumnya dibagi menjadi kipas tradisional dan kipas listrik. Pengguna tradisional menggunakan tangan mereka untuk meniup udara. Rangkaian Kipas Angin Maspion akan dibahas karena kipas angin listrik menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga penggerak dan menghasilkan angin kencang pada kipas angin.

Bagian Rangkaian Kipas Angin Maspion

Ada banyak alat untuk menggunakan kipas angin. Misalnya, Merupakan unit komputer pribadi yang membutuhkan kipas untuk mendinginkan komponen-komponen penting CPU. Kipas yang paling umum digunakan adalah jenis kipas besar yang cukup besar dan memiliki tiga kecepatan. Sebagai berikut:

1.     Sangkar

Bagian sangkar ini adalah tempat baling – baling melepaskan udara. Alih – alih kontak langsung dengan benda lain seperti hidung Kamu kipas diblokir oleh sangkar kipas. Kompartemen mesin adalah bagian terpenting dan mahal serta jantung dari kipas.

Bagian ini merupakan tempat dimana motor listrik (dinamo) kipas angin berada. Selain dinamo. Bagian ini juga memiliki gearbox yang terlihat atau tidak terlihat untuk kontrol kipas.

2.     Komponen listrik kipas

Di bidang kelistrikan Kita tidak akan membahas bentuknya, tetapi merupakan rangkaian listrik yang secara otomatis mengaktifkan kipas angin. Tambahan, Bagian ini sangat penting karena bagian ini mirip dengan nama blog ini – Power

Baca juga : Cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang benar

Apa itu Rangkaian Kipas Angin Maspion?

1.     Sumber dari soket

Ini adalah sumber utama listrik. Kabel ini menghubungkan kipas ke sumber listrik. Misalnya PLN atau genset.

2.     Tombol kecepatan

Tombol kecepatan atau speed selector atau tombol kecepatan adalah kecepatan di mana kipas dapat mempercepat dan menghentikan kipas, dan kipas biasanya memiliki empat tombol untuk fungsinya masing – masing Ini berarti untuk mengatur kipas seperti :

  • 1 Nyalakan kipas dengan kecepatan normal.
  • 2 Nyalakan kipas dengan kecepatan tinggi.
  • 3 Nyalakan kipas dengan kecepatan tinggi.

Secara umum, Warna keempat kabel bervariasi tergantung pada merek kipas yang Kamu perbaiki. Jangan menggunakan kabel karena dapat membakar kipas hanya dengan menghubungkan kabel ke kipas.

3.     Kapasitor 1,5 mikro farad

Kapasitor relatif mudah dipahami karena memiliki fungsi tersendiri untuk memisahkan kabel antara sakelar dan motor listrik. Tentu saja, tidak semua jenis kipas berukuran 1,5 mikrofarad; Tersedia dalam 1, 2, 2 dan 1 tergantung ukuran dan merk kipas angin.

4.     Motor listrik (dinamo)

Motor listrik bisa juga disebut dinamo atau mesin pada kipas angin. tombol Kabel yang terhubung ke kapasitor dan sumber akan ditumpuk di sini. Penggerak listrik pada kipas akan memberikan enam keluaran, dengan 5 dan 3 tergantung pada jenis dan fungsi kipas.

Baca juga : Cara menyambung kabel dinamo kipas angin

 Apa Saja Rangkaian Kipas Angin Maspion Bagian Dalam?

1.     Bagian busing

Ini berfungsi sebagai kontak langsung dengan penyeimbang armature atau rotor ( bagian yang berputar ) dan stator ( bagian yang diam ). Ada juga kipas yang menggunakan bantalan biasanya kipas yang menggunakan bantalan memiliki daya tahan yang lebih lama.

2.     Komponen armature atau helikopter

Rotor adalah alat dari rotor. Dengan kata lain, bagian ini berputar. Motor belakang untuk roda gigi di rotor dan gearbox digunakan di tengah untuk memberikan rotasi karena motor listrik.

3.     Bagian koil

Bagian ini meliputi motor listrik (dinamo). Ini adalah bagian terpenting dari kipas. Kumparan mengubah arus yang masuk menjadi energi magnet dan memutar helikopter.

4.     Keren

Bagian ini ditempatkan di bagian motor listrik dan bertindak sebagai ruang penyimpanan untuk koil.

5.     Baud

Kipas angin memiliki empat bola, yang melekat pada mur di sisi lain. Fungsinya untuk mengencangkan mesin.

6.     Komponen gearbox

Dalam bahasa Indonesia disebut wadah gigi. Di sinilah gigi berada untuk mengurangi kecepatan rotor dan mengarahkan putaran ke leher.

7.     bagian gigi.

Gear ini merupakan gear untuk mengurangi kecepatan seperti yang disebutkan diatas. Mereka adalah kapasitor fase tunggal atau motor induksi dan merupakan kipas jenis mesin yang paling umum digunakan. Ini relatif kecil tetapi lebih tahan lama. Ada juga beberapa kipas yang menggunakan sistem motor listrik angin yang bertenaga dan murah.

Pengoperasian kipas angin sangat sederhana karena gulungan kipas berjajar. Namun, meskipun dapat digunakan selama berhari – hari, biasanya relatif lemah dalam pengoperasiannya.

Contoh penggunaan kipas aksial berbayang adalah di lemari es Nofrost. Ini adalah bahasan seputar kipas maspion. Ini tentang sistem kelistrikan dan bagian rangkaian kipas angin maspion. Penjelasan di atas berdasarkan pengalaman pribadi setelah memasang kipas angin.