Breaking News
Cara Mengatasi Kuota terlampaui Google Drive

Cara Mengatasi Kuota terlampaui Google Drive

Beritaharianku.com – Cara Mengatasi Kuota terlampaui Google Drive, Penting untuk menyimpan file softcopy-nya, meski sudah ada berkas hardcopy-nya. Hal itu bertujuan agar file tersebut masih tersedia backup-nya jika salah satunya hilang.

Namun, menyimpan file tentu juga membutuhkan ruang penyimpanan. Umumnya, kita menyimpannya di harddik yang terdapat di laptop atau PC yang digunakan saja.

Sayangnya, semakin banyak file yang disimpan semakin besar juga kapasitas ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Maka dari itu, penggunaan cloud storage masih menjadi alternatif yang palinh populer sekarang ini.

Dan, Google Drive adalah salah satu cloud storage yang masih paling diminati hingga saat ini. Selain mudah untuk digunakan di mana saja, kamu juga bisa berbagi file, lho.

Ada dua mode berbagi file di Google Drive, yaitu private dan public. Dengan private, kamu bisa menentukan siapa saja bisa melihat file-mu, tapi tidak untuk public.

Jika mode yang dipakai public, ada kalanya file tidak dapat dibuka, ‘kan? Itu karena Google Drive membatasi kuota pengguna yang boleh melihat file dalam kurun waktu 24 jam. Namun, ada cara mengatasi kuota terlampaui Google Drive seperti itu, lho.

Akses laman preview

Ini adalah tips pertama mengatasi kuota yang sudah melewati batas Google Drive. Bagi yang sudah tahu, untuk mengakses halaman preview di Google Drive itu mudah, ‘kan? Terlebih beberapa file ketika dibuka langsung mengarah ke halaman preview. Namun, kalau tidak, bagaimana caranya?

Tentu saja untuk cara mengatasi kuota terlampaui Google Drive yang satu ini ada langkah yang perlu dilakukan, lho. Pertama, pastikan kalau browser-mu sudah terbuka. Setelah itu, pastikan pula jika browser tersebut sudah terhubung ke akun Google-mu. Jika sudah, buka Google Drive yang terdapat file yang diinginkan di browser tersebut.

Nah, itu baru langkah awal yang perlu dilakukan, bahkan di tips berikutnya. Untuk langkah selanjutnya adalah pilih file yang kamu inginkan.

Langkah berikutnya adalah klik kanan pada file tersebut, lalu pilih “Get shareable link”. Jika sudah ada pop up notifikasi “Link coppied to clipboard” artinya link tersebut sudah berhasil tersalin, ya.

Setelah itu, buka tab baru pada browser tersebut, lalu tekan tombol CTRL dan V secara bersamaan. Aksi tersebut bertujuan untuk mem-paste link yang sudah di-copy tadi. Namun, sebelum menekan enter, perhatikan dulu alamat link-nya, ya.

Itu karena bisa saja link tersebut bukan menuju laman preview, tapi malah ke laman download. Meski begitu, tenang saja cara mengatasi kuota terlampaui Google Drive yang ini tidak sampai di sini saja, kok.

Supaya tidak salah membuka laman, periksa dulu alamatnya. Di sini, ada beberapa yang perlu kamu perhatikan.

Pertama, periksa apakah ada tulisan “uc”? Itu karena “uc” salah satu kode untuk mengarahkan ke laman download. Nah, kalau ada maka kamu harus menggantinya dengan kata “open”.

Setelah itu, yang kedua kamu harus periksa apakah ada tulisan “&export=download” tidak? Sama halnya seperti tadi kalau tulisan ini artinya ingin ke laman download.

Namun, berbeda dengan sebelumnya, jika menemukan tulisan tersebut hapus saja. Setelah selesai, kamu bisa langsung tekan enter. Cara mengatasi kuota terlampaui Google Drive ini belum selesai, ya.

Langkah keduanya adalah membuat shortcut file tersebut. Nah, pastikan dulu kalau kamu sudah berada di laman preview.

Bagaimana tahu itu laman preview atau bukan? Maka, kamu lihat saja di pojok atas. Jika ada ikon titik tiga vertikal, panah ke bawah, serta ikon segitiga, berarti itu laman preview.

Kembali lagi ke cara mengatasi kuota terlampaui Google Drive dengan langkah kedua. Untuk cara membuat shortcut mudah saja, klik saja ikon “Add shortcut to Drive”. Ikon ini ada di kanan atas dan berbentuk segitiga. Jika sudah diklik maka shortcut tersebut sudah ter-copy ke Google Drive.

Membuat duplikat

Tips kedua mengatasi kuota yang sudah melewati batas Google Drive ini lebih mudah. Langkah awalnya sama hingga pada posisi file yang diinginkan ditempatkan.

Selanjutnya, klik kanan saja dan pilih “Make a copy”. Namun, perlu diperhatikan, kalau tidak ada opsi tersebut, artinya tidak diizinkan untuk menduplikasikan file itu.

Mengunduh

Nah, ini dia tips terakhir cara mengatasi kuota terlampaui Google Drive. Untuk caranya sendiri hampir sama dengan tips sebelumnya. Setelah tahu file mana yang diinginkan, lalu klik kanan. Berbeda dengan tips sebelumnya, setelah klik kanan pilih “Download”.

Itulah cara mengatasi kuota terlampaui Google Drive. Sangat mudah, ‘kan? Namun, untuk mengatasi limit yang terlampaui, sebaiknya file-mu dibatasi dalam berbaginya.

Ini juga menghindarkan informasi penting tersebar. Meski begitu, jika sudah terjadi kuota terlampai seperti itu, tidak ada salahnya mencoba tips di atas, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published.