Breaking News
Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Beritaharianku.com – Cara mengatasi memori internal penuh, ponsel atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan smartphone sudah menjadi kebutuhan utama.

Hampir semua aktivitas yang dilakukan secara online menggunakan smartphone. Maka tidak heran jika data atau file selalu disimpan di ruang penyimpanan ponsel.

Sayangnya, ruang penyimpanan internal di smartphone sangatlah terbatas. Berbanding terbalik dengan file atau data yang ingin disimpan di ponsel yang terus bertambah.

Penuhnya memori internal tentu juga berpengaruh pada kinerja smartphone tersebut. Nah, inilah yang menjadi salah satu masalah yang muncul bagi pengguna ponsel pintar. Untuk menghindari hal ini tentu ada caranya, lho.

Memakai memori eksternal

Tidak dipungkiri kalau sekarang ini ponsel sudah semakin canggih. Banyak inovasi yang diterapkan di ponsel masa kini.

Luasnya ruang penyimpanan adalah satu dari sekian inovasi yang diimplementasikan. Begitu juga dengan adanya tempat untuk menaruh memori eksternal atau micro SD. Nah, inilah satu cara mengatasi memori internal penuh yang diberikan perusahaan ponsel tersebut.

Lalu, apakah selesai dengan menggunakan micro SD saja? Tentu saja tidak karena kamu perlu mengatur setting-nya juga, lho. Pertama, pindahkan semua file yang berupa dokumen, gambar, foto, audio, maupun video ke memori eksternal. Untuk hal ini, kamu perlu repot-repot karena harus memindahkannya dengan cara copypaste, ya.

Tidak sampai situ saja, lho, cara mengatasi memori internal penuh yang satu ini. Kedua, ubah pengaturan penyimpanan ke memori eksternal. Biasanya, kamu bisa men-setting penyimpanan hasil foto dari kamera ponsel.

Selain itu, data aplikasi offline seperti video offline di Youtube juga bisa kamu atur tempat penyimpanannya, lho. Terakhir, pindahkan atau atur juga penyimpanan aplikasi yang terinstal ke micro SD, ya.

Menyimpan di cloud storage

Ini adalah alternatif penyimpanan lain selain memakai memori eksternal. Hal ini memang tidak sepraktis micro SD karena ini online maka akan sulit mengaksesnya kalau tidak ada internet.

Terlebih lagi, cloud storage ini hanya bisa untuk menyimpan file dalam bentuk dokumen, gambar, audio, ataupun video. Meski begitu, fitur yang diberikan tidak tanggung-tanggung, lho.

Kamu tidak rugi, kok, kalau pakai cloud storage. Sebab, kamu bisa meng-edit file-mu langsung di sana karena sudah terkonfigurasi dengan aplikasi terkait, lho.

Selain itu, cloud storage juga bisa dijadikan sebagai tujuan penyimpanan data backup dari aplikasi di smartphone-mu. Sama halnya cara mengatasi memori internal penuh yang pertama, yang kedua ini juga sangat disarankan, ya.

Menggunakan cleaner

Seperti namanya, cleaner di sini berfungsi sebagai pembersih. Cleaner bertugas untuk membersihkan cache yang tersimpan di memori internal ponselmu.

Namun, aplikasi ini tidak berjalan secara otomatis, ya, kamu harus mengoperasikannya secara manual. Untungnya, mayoritas smartphone sekarang ini sudah ada fitur cleaner bawaan. Jadi, kamu tinggal memaksimalkan dalam penggunaannya saja.

Menggunakan aplikasi lite

Menginstal aplikasi juga memerlukan tempat penyimpanan untuk aplikasinya, lho. Otomatis hal ini juga memakan kapasitas memori internal. Kalau hanya satu atau dua aplikasi memang tidak berpengaruh.

Tapi, bagaimana kalau banyak aplikasi yang diinstal? Memang kalau menerapkan cara mengatasi memori internal penuh yang pertama mungkin tidak masalah, tapi kalau tidak?

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan aplikasi versi lite-nya. Sebenarnya, versi lite dengan versi penuhnya tidak berbeda jauh, lho. Sayangnya, untuk meminimalisir kapasitas penyimpannya, ada beberapa fitur yang dihilangkan di versi lite ini.

Rutin membersihkan

Membersihkan di sini tentu saja maksudnya adalah menghapus data yang tidak penting. Nah, pertama, kamu harus menghapus cache, cookies serta data penjelajah lainnya secara rutin, lho.

Selain itu, hapus juga SMS dan riwayat chat yang tidak penting. Bukan hanya ini saja cara mengatasi memori internal penuh yang satu ini, ya.

Kedua, cek data yang tersimpan, seperti dokumen, foto, video, atau bahkan sisa file dari aplikasi yang sudah di-uninstal. Hapus data tersebut yang sekiranya tidak penting. Terakhir adalah uninstal saja aplikasi terutama aplikasi bawaan yang jarang atau bahkan tidak terpakai.

Nonaktifkan autoupdate

Ini adalah cara mengatasi memori internal penuh yang terakhir. Pasti tahu, ‘kan, kalau smartphone menyediakan pengaturan dalam memperbaharui aplikasi? Tahu juga, ‘kan, kalau menginstal aplikasi itu memakan memori? Nah, begitu juga yang terjadi kalau meng-update aplikasi.

Bukan menimpa tempat penyimpanan yang sudah dipakai aplikasi tersebut, tapi memakai tempat penyimpanan yang masih kosong, lho.

Itulah beberapa tips serta cara mengatasi memori internal penuh di smartphone. Kalau kamu bisa memanfaatkan celah dan mencari tahu lebih dalam lagi, pastinya ada lebih banyak caranya, lho.

Namun, tips-tips di atas juga tidak ada ruginya kalau kamu mengimplementasikannya, ya. Malah itu lebih baik daripada tidak melakukan apapun untuk mengatasi memori ponselmu yang penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.