Breaking News
Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Beritaharianku.com – Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan, Indosat hadir sebagai provider besar dan laris dipakai para pengguna telepon seluler kini.

Dalam berbagai layanannya, banyak pengguna yang setuju bahwa penawaran seperti kuota internet sangat beragam dan terbilang memiliki harga pas dengan jumlah kuota yang diberikan.

Penawaran kuota internet yang ditawarkan sangat beragam. Diantaranya ada kuota edukasi khusus untuk membuka aplikasi pembelajaran daring, kuota streaming aplikasi nonton, hingga kuota aplikasi sehari-hari.

Terkadang ada pula kuota yang dibagi-bagi pemakaiannya, ada kuota 24 jam, kuota malam, bahkan kuota lokal.

Namun yang masih sering menjadi masalah adalah kuota lokal yang terkadang tidak sampai habis pakai bahkan tak bisa digunakan sama sekali oleh pengguna.

Sehingga mereka menyayangkan hal itu dan harus rela kehilangan kuota tersebut. Oleh karena itu, mulai saat ini kamu bisa mempelajari cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan.

Hal tersebut bisa jadi karena pemakai tidak mengerti kebijakan penggunaan kuota lokal sendiri, sehingga tidak maksimal dalam penggunaannya.

Namun mengenai kuota lokal, tak jarang pemakai masih kebingungan akan maksud dan penggunaannya.

Sebelum ingin tahu lebih jelas cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan, dapat dipahami kalau kuota lokal adalah kuota yang hanya bisa dinikmati di lokasi kita mengaktivasi paket internet terkait.

Jika pengguna pergi ke luar zona aktivasi paket, maka secara otomatis kuota tersebut tidak dapat digunakan.

Sebab Kuota Lokal Indosat Tak Dapat Dipakai

Faktor penyebab yang pertama, kuota lokal jelas tidak bisa digunakan jika pengguna berada di luar wilayah saat mendaftarakan paket kuota saat pertama kali.

Tentu saja syarat atau kebijakan pemakaian kuota lokal Indosat, yaitu dipakai di lokasi yang sama saat pembelian paket tersebut.

Cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan juga bisa sulit diatasi jika kita tak tahu apa penyebab pastinya. Namun paket internet lokal yang tidak bisa dipakai, kemungkinan disebabkan keterangan GPS atau lokasi di HP-mu yang belum berubah.

Tak dipungkiri bahwa setiap orang memiliki mobilitas dan aktivitas sendiri. Dan bisa saja ketika ia kembali dari luar kota, namun keterangan lokasi di HP belum menyesuaikan.

Selain itu, mungkin saja kuota lokal sudah habis digunakan sementara kamu tidak menyadari atau belum mendapat pemberitahuan pemakaian. Atau ternyata pengguna tidak memiliki kuota lokal yang dimaksud.

Cara Atasi Kuota Lokal Indosat Agar Bisa Dipakai

Lewat Pesan Operator/Usage

Jika paket data lokal tetap tidak bisa digunakan meskipun kamu berada di zona pembelian, maka cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan adalah menggunakan cara manual dan kirim pesan usage ke nomor operator Indosat Ooredoo.

Tahapnya sederhana, kamu cukup ketik ‘Usage’ lalu kirimkan pada nomor 363. Setelahnya tunggulan SMS balasan sebagai informasi atau pemberitahuannya, yang akan diterima saat itu juga karena operator yang fast respon.

Langkah selanjutnya, kamu perlu pergi ke menu pengaturan data. Lalu matikan terlebih dulu penggunaan data seluler dengan tap mobile data dan nonaktifkan. Ketiga, cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan adalah mengaktifkan mode pesawat pada fitur di HP-mu.

Cukup sebentar saja, selanjutnya mode peswat bisa dimatikan kembali. Dan penggunaan data internet juga bisa diaktifkan kembali. Kedua cara ini dapat memulihkan alamat IP hingga lokasi GPS perangkatmu.

Cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan selanjutnya kamu bisa melakukan pengecekan melalui aplikai myIM3, agar lebih jelas keterangan serta informasi paket data yang dimiliki. Pada halaman utama akan ada fitur ‘Akun’ di jajaran menu aplikasi.

Dengan klik fitur tersebut akan terlihat rincian detail kuota internet yang dimiliki hingga penggunaannya. Kamu bisa melihat pembagian kuota (jika ada), seperti besar kuota utama, kuota bonus, dan kuota lokal.

Apabila kuota lokal Indosat dipastikan tertera di aplikasi tersebut, maka untuk menuntaskan cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan ini, kamu harus memuat ulang smartphone.

Kegunaannya adalah untuk memulihkan perangkat dan membuat kuota bisa digunakan lagi. Jika perangkat sudah dihidupkan kembali, maka penggunaannya bisa kembali normal. Kamupun dapat menikmati internet menggunakan kuota lokal.

Atur Ulang APN

Masalah seperti ini bisa saja disebabkan pada APN kuota lokal Indosat yang belum diatur. Jika seperti itu, cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan yang diperlukan adalah dengan mengatur ulang.

Pada fitur pengaturan harus pilih menu jaringan lalu klik menu APN, dan atur jenis APN-nya menjadi Indosatgprs. Selain dapat memperbaiki kecepatan jaringan, mengatur kembali APN juga bisa mengubah kuota khusus seperti kuota lokal menjadi kuota reguler yang dapat digunakan di mana saja.

Itulah informasi terkait tata cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan, yang selanjutnya dapat kamu atasi dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.