Breaking News
Cara mengatasi jaringan indihome lemot

Cara Mengatasi Jaringan Indihome Lemot

Beritaharianku.com – Cara Mengatasi Indihome Lemot, Kuota harian bikin boros? Malas gonta ganti kartu? Memasang Wifi adalah solusi yang tepat. Indihome hadir sebagai solusi dari permasalahan yang kamu alami. Nah, kalau Indihome milikmu sering mengalami lemot, apa saja sih penyebabnya?

Banyak yang Menggunakan

Wifi bisa dinikmati oleh siapa saja, dan tidak ada batasan untuk maksimal penggunaan. Akan tetapi, Wifi dengan kecepatan tertentu memiliki maksimal penggunaan. Apabila Wifi digunakan oleh pengguna yang melebihi kapasita, maka Wifi Indihome menjadi lebih lemot dari biasanya.

Ada banyak orang yang menghubungkan perangkatnya ke Wifi secara bersamaan, nah tidak menutup kemungkinan juga untuk merasakan kesulitan dalam menjelajahi dunia maya.

Itulah salah satu penyebab indihome menjadi lemot. Oleh sebab itu, cara mengatasi indihome lemot adalah dengan tidak menggunakannya secara bersamaan.

Jumlah FUP Melebihi Batas Maksimal

Kebijakan milik Fair Usage Policy atau yang disingkat dengan FUP ini masih saja ditetapkan walaupun internet yang kalian beli mempunyai embel-embel unlimited. Jika FUP milikmu melebihi batas maksimal, internetmu akan menjadi lemot setelahnya

Perangkat Mengalami Kerusakan

Biasanya yang seringkali luput dari perhatian kenapa Wifi Indihome menjadi lebih lemot adalah kerusakan yang ada di perangkat, baik di router, atau kabel yang digunakan.

Jaringan internet akan terganggu, dan bisa lebih lambat dari biasanya. Cara mengatasi indihome lemot jika permasalahannya ada di sini adalah dengan mengecek secara berkala untuk router, dan kabel. Jika router kotor, bisa dibersihkan.  Nah fungsi untuk mengecek dengan baik, untuk menghindari turunnya kecepatan internet.

 

Salah Penempatan Pada Router

Ketika kamu salah meletakkan router di tempat yang salah bisa menjadi alasan kenapa Indihome lemot. Bisa saja ruangan yang kamu tempati tidak terjangkau radius dari Wifi tersebut, dengan ini kamu harus mengganti penempatan router ke tempat yang tepat.

Selain itu, ada beberapa titik yang memang diharamkan untuk penempatan Wifi, mengapa? Karena penempatan tersebut bisa mengakibatkan sinyal Wifi menjadi sangat lemot.

Bisa karena posisi router terlalu tinggi atau terlalu rendah, bisa saja berada di ruangan yang sangat tertutup, dan dekat dengan perangkat elektronik lainnya yang mempunyai radiasi lebih besar. Oleh sebab itu, penting mengetahui cara mengatasi indihome lemot dengan baik.

Cara Untuk Mengatasi WiFi IndiHome yang Lemot

Melakukan Penempatan yang Tepat Untuk Router

Penempatan pada router Indihome  adalah  salah satu  hal yang sering dilupkan oleh penggunannya. Kebanyakan orang akan memasang router bersebelahan dengan barang eletronik lainnya, kemudian kebanyakan dari mereka menempatkan di meja, lemari, atau manapun.

Ada baiknya cara mengatasi indihome lemot adalah dengan memindahkan posisi router ke tempat yang tepat. Karena penempatan router yang salah seperti di tempat yang rendah dan terhalang benda elektronik menyebabkan Wifi menjadi lebih lemot dari biasanya.

Selain itu, hindari juga meletakkan router di tempat yang terhalang tembok atau besi, karena sinyal akan terhalang dan sulit untuk masuk ke perangkat pengguna.

Menggunakan Repeater

Nah, tadi kan kita sudah melihat bahwa penempatan router Indihome yang salah bisa membuat sinyal menjadi lebih lemot. Kamu bisa membeli perangkat yang dinamakan repeater.

Wifi biasanya ditemukan oleh orang dengan rumah yang besar, mengapa? Karena sinyal Wifi tidak dapat menjangkau semua ruangan yang ada. Cara mengatasi indihome lemot yang tepat adalah dengan menggunakan repeater.

Repeater berfungsi untuk menangkap sinyal Wifi, dan memancarkannya kembali, sesuai namanya repeat berarti mengulang kembali. Membeli reepater juga bisa untuk mempercepat koneksi Wifi di rumah kamu.

Membatasi Jumlah Pengguna

Biasanya kasus ini ditemui oleh keluarga yang mempunyai banyak anggota. Terkadang sinyal Wifi menjadi rebutan untuk menonton drama, bermain game, berselancar di medsos, dan masih banyak lagi.

Jika kecepatan Indihome yang digunakan hanya 10 mbps tetapi yang memakan 7 orang, pastinya Wifi akan menjadi lemot. Tentu saja diperlukan cara mengatasi indihome dengan tepat.

Cara yang murah dan mudah adalah dengan membatasi jumlah penggunannya. Misalnya jika Indihome yang terpaang di rumahmu 20 mbps hanya dipakai maksimal 5 orang saja.

Untuk melihat banyaknya jumlah pengguna yang aktif bisa masuk ke menu admin kemudian masukkan password router, dan lihat seberapa banyak perangkat yang terhubung.

Kamu juga harus menghindari si maling Wifi!  Terkadang ada beberapa pengguna asing yang memakaii Wifi milikmu.

Cara untuk mengatasinya adalah kamu harus mengganti password yang susah untuk di tebak, supaya Wifi kamu aman. Cara mengatasi indihome lemot satu ini bisa sangat efektif.

Menghapus Cache Pada Browser

Internet lemot tidak hanya kesalahan dari sinyal Wifi Indihome saja, lho! Bisa saja ketika kamu melakukan browsing melalui website, browser milikmu mempunyai banyak cache atau sampah yang menumpuk.

Jangan salah, cache bisa menyebabkan koneksi intenet menjadi buruk, atau  lambat, karena cache adalah kegiatan browsing yang tidak kalian tutup sebelumnya. Terlalu banyak cache dapat membebani kerja internet kamu. Jadi sebelum browsing kamu harus menghapus cache yang ada di browser kalian.

Demikian beberapa cara mengatasi indihome lemot. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.