Breaking News
2 Cara Membuat File RAR Dengan Benar

2 Cara Membuat File RAR Dengan Benar

Beritaharianku.com – Cara Membuat File RAR Dengan Benar, Kompresi RAR itu diciptakan oleh seorang Eugene Roshal yang menawarkan hasil ukuran kompresinya yang tidak terbatas. Karena tidak terbatas itulah eksistensi file ini diminati oleh banyak orang.

Hasil kompresi file RAR yang berkualitas tinggi ini mampu mengompresi file hingga 70% dari ukuran file aslinya.

Sedangkan untuk ukuran kompresi lain seperti ZIP hanya dapat mengompresi sekitar 60% ukuran asli sebuah file. Ada beberapa cara untuk  membuat file RAR dengan dan tanpa password.

Beberapa Cara Membuat File RAR

Cara Membuat File RAR di Windows

Salah satu hal paling penting dalam cara membuat File RAR  adalahmemilih sebuah alat untuk melakukan sesuatu, tidak lupa untuk memikirkan proteksi berupa keamanan dari masing-masing file kompresi. File ZIP dan RAR mempunyai sistem keamanan yang berbeda.

File berjenis RAR ini dipasang dengan menggunakan proteksi keamanan yang sudah masuk kedalamnya, sedangkan  untuk file ZIP membutuhkan aplikasi tambahan untuk pengaturan password. Oleh karena itu, inilah cara membuat RAR tanpa password.

Membuat RAR tanpa password

Pilih atau blok data yang ingin di RAR kemudian klik kanan pada file yang telah dipilih kemudian pilih winRAR kemudian pilih add to “ [nama_file]. rar”. tunggu saja sampai proses kompresi telah selesai. Nah, file sudah dikompresi menjadi file RAR. Cara membuat file  RAR cukup mudah, kan?

Membuat File RAR dengan menggunakan Password

Pada cara kali ini untuk membuat file RAR menggunakan password. Yaitu ada beberapa cara yang sama seperti sebelumnya. Karena langkah yang dilakukan itu sama. Hanya kamu perlu untuk mengganti format file kompresinya saja. Cara yang bisa digunakan untuk membuat file menjadi RAR dengan mudah.

Cara membuat file RAR pertama adalah dengan memilih atau memblok data yang ingin di RAR dengan menggunakan klik kanan pada file yang telah dipilih kemudian memilih winRAR dan pilih add to archive.

Kemudian isi  nama filenya, langkah selanjutnya memilih format kompresi berupa RAR dan akhirnya pilih set password untuk mengubah password.

Selanjutnya kamu bisa memasukan password dan mengulang kembali atau konfirmasi password. Kemudian pilih ok. Tunggu beberapa menit, dan akhirnya proses kompresi telah selesai. Akhirnya, file telah berhasil dikompresi dengan tambahan password.

Jika langkah-langkah dalam cara membuat file RAR yang kamu lakukan sudah benar, kamu bisa membuka file kompresi tersebut dengan memunculkan kotak dialog yang bisa kamu masukan password yang telah dibuat.

Cara Mengkompres File Menjadi Beberapa Bagian RAR

Ada tutorial atau langkah-langkah yang bisa digunakan untuk mengkompres file menjadi beberapa bagian RAR . Membuatnya bisa dimulai dari download program sampai selesai.

Cara yang pertama adalah dengan memastikan komputer atau laptop kamu bisa memiliki program winRAR. Jika belum, kamu bisa mendownload di halaman resmi dari winRAR. Yang kedua, pastikan semua file yang ingin dikompres telah berada dalam satu folder.

Langkah selanjutnya dalam cara membuat file RAR adalah dengan tandai atau blok file yang ingin dikompres, kemudian klik kanan sampai menu muncul.

Selanjutnya pilih menu add to archive sampai aplikasi winRAR terbuka sempurna. Silakan ganti nama file yang diperlukan dan pastikan kamu memilih archive format RAR.

Selanjutnya akan muncul kolom “split to volume, size, kemudian pilih dan masukan ukuran file yang telah dikompres. Ada contoh jika kamu memilih file yang berukuran 5 GB kemudian membaginya menjadi 2 bagian masing masing 2,5 GB hanya dengan mengubah angka 2,5 dan mengganti satuannya menjadi GB.

Tahap terakhir dalam cara membuat file RAR yakni kamu bisa klik tombol ok yang tertera  untuk memulai proses kompresi file. Nah, tunggu beberapa saat hingga proses kompresi selesai sempurna. Dan file atau folder kompresi akan disimpan di folder yang sama dengan file original.

Namun kekurangan dari file yang ada adalah file yang terus ada di folder yang sama. Jika ada salah satu bagian file yang hilang, kamu tidak akan mengekstrak filenya. Walaupun hanya sebagian kecil yang hialng, file-mu tidak akan bisa terbaca.

Pastikan seluruh file hasil kompresimu tersimpan dengan aman dan rapih ke dalam folder yang sama dan berurutan. Jika kamu ingin mengubah nama-nama file tersebut,  pastikan untuk tetap seragam dan berurutan. Cara membuat file RAR sangat mudah, bukan?

Membuat File RAR dengan aplikasi 7-zip

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi 7-zip, setelah itu membukanya. Kemudian akses lokasi filetertentu yang ingin kamu kompresi. Silakan untuk memilih semua file sambil menekan tombol SHIFT kemudian menekan tombol add.

Setelah muncul halaman baru, kamu akan menemukan nama-nama yang sesuai dengan fungsinya. Seperti archive menjadi nama dari file hasil kompresi, compresion level untuk memilih berapa banyak bagian untuk mengkompresi file. Tentunya, cara membuat file RAR ini perlu diperhatikan.

Setelah menentukan pengaturan, kamu bisa klik tombol ok untuk membuat file kompresi. Hasilnya akan terlihat di lokasi yang sama dengan file aslinya, tetapi namanya berbeda

Demikian adalah cara membuat file RAR. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Sekian.


Leave a Reply

Your email address will not be published.