Breaking News
Cara membuat bot telegram

Cara membuat bot telegram dengan mudah

Beritaharianku.com – Cara membuat bot telegram dengan mudah, Telegram merupakan aplikasi perpesanan yang banyak digunakan oleh orang-orang.

Di mana, banyak yang menganggap bahwa telegram lebih baik dibandingkan dengan aplikasi perpesanan yang lainnya. Selain memang bisa berbalas pesan, dalam telegram kamu juga bisa menemukan berbagai channel menarik.

Bahkan banyak sekali fanbase dari grup sepak bola, atau pun idol kpop yang menggunakan telegram untuk berbagai informasi atau menambah teman.

Selain itu, ada juga channel yang digunakan untuk mengunduh dan menonton film yang disukai. Tenang saja, untuk kamu yang suka dengan drama korea, hollywood, atau Bollywood akan ada subtittel Indonesia.

Biasanya, dalam telegram akan ada bot. Di mana, bot telegram sendiri adalah pengguna yang buan manusia, bisa dikatakan robot. Nantinya memang bot ini memiliki tugas tertentu, sesuai dengan pengaturan dari bot itu sendiri.

Ketika mengetik sesuatu yang sudah ada dalam pengaturannya, maka bot akan menjawab secara otomatis. Cara membuat bot telegram pun biasanya bisa menggunakan coding atau tidak.

Ketika sudah bisa membuat bot telegram, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk membuat ciri khas tersendiri. Bisa saja nanti bot telegram ini digunakan untuk usaha online yang sedang kamu rintis.

Atau mungkin untuk grup fanbase yang kamu jalankan. Ternyata, bot memiliki dua jenis, yaitu bot yang berdiri sendiri dan bot sebaris.

Bot yang berdiri sendiri biasanya dilengkapi dengan jendela obrolan independen. Dari jendela tersebut, penggunna bisa mengeluarkan perintah. Sementara bot sebaris merupakan bot yang bisa dipanggil dari jendela obrolan lainnya. Untuk bisa membuatnya, kamu bisa memahami beberapa cara membuat bot telegram di bawah ini.

Cara Membuat Bot Telegram

Membuat Channel Telegram

Cara pertama adalah dengan membuat channel telegram. Tentu pembuatan channel ini harus memiliki tujuan tersendiri. Pembuatan channel telegram sendiri sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengklik garis tiga atau biasa disebut dengan hamburger.

Sudut tiga ini berada di pojok kiri tampilan telegram. Setelah itu, maka hanya perlu memilih saluran baru. Di sini, kamu harus memasukan nama dan deskripsi dari saluran tersebut.

Setelah itu, kamu bisa mengaturnya untuk setelah publik atau pribadi. Tentu hal ini tergantung kepada tujuan dari pembuatan channel telegram. Untuk saluran publik sendiri akan mempermudah channel-mu ditemukan oleh orang lain.

Sementara untuk yang pribadi harus memerlukan tautan undangan terlebih dahulu. Nah, cara membuat bot telegram ini terbilang cukup mudah.

Menggunakan Bantuan BotFather

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pihak ketiga. Pihak ketiga yang digunakan di sini adalah BotFather. BotFather sendiri merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat bot tanpa coding.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mencari BotFather pada pencarian, setelah itu klik untuk bisa membuka botnya.

Untuk cara membuat bot telegram dengan bot baru, maka kamu hanya perlu mengetikan perintah /newbot. Jika channel yang kamu buat bersifat pribadi, maka bisa langsung membuat nama dari bot ini sesuai dengan keinginan.

Namun, jika memang channel yang dibuat untuk publik, kamu tidak perlu menggantinya. Sebab memang akan dijalankan oleh piihak penyedia botnya.

Selanjutnya, kamu hanya perlu membuat nama pengguna bot. Nama ini harus dibuat dengan panjang antara 5-32 kata. Di mana, nama pengguna ini harus diakhiri dengan penulisan bot.

Jika memang nama pengguna yang kamu pilih tersedia, maka akan mendapatkan balasan “done, congratulation for a new bot.” Nah, di bawahnya akan tersedia token. Di mana, token ini bersifat rahasia. Jika ada orang lain yang mengetahui token ini, maka bot kamu bisa dijalankan oleh orang tersebut.

Selain perintah new bot, di dalam BotFather sendiri terdapat banyak perintah lainnya, mulai dari games, bot setting sampai dengan edits bot. Tentunya dengan bantuan BotFather ini cara membuat bot telegram semakin mudah untuk dilakukan. Terlebih, untuk melakukannya pun tidak memerlukan waktu yang sangat banyak.

Selain bisa merespon atas suatu pesan secara otomatis, bot telegram juga bisa memberikan sebuah pelayanan yang sangat bermanfaat.

Seperti misalnya layanan berupa peringatan atau pemberitahuan mengenai cuaca yang sedang terjadi, melakukan penerjemahan, penurunan atau kenaikan harga dari sebuah barang tertentu sampai dengan layanan pemformatan. Tentunya dengan hal ini, maka akan lebih mudah untuk kamu mendapatkan banyak informasi yang penting.

Demikianlah beberapa cara membuat bot telegram yang sangat mudah. Selain bisa dibuat tanpa coding, bot telegram juga bisa dibuat menggunakan coding.

Hanya saja, ketika menggunakan coding, maka akan lebih sulit dan terlalu kompleks jika dikerjakan sendiri. Oleh sebab itu, untuk kamu yang tidak mau ribet bisa langsung membuat bot telegram tanpa coding seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.